Berbagi Pengalaman Hamil dan Melahirkan

Semoga bermanfaat untuk calon ibu maupun ibu muda lainnya..

HAMIL

Tanda-tanda kehamilan :
Tidak menstruasi pada tanggal yang biasanya menstruasi, biasanya telat hingga berminggu minggu, tidak ada salahnya mencoba tes kehamilan dengan test pack yang murah meriah, harganya berkisar Rp.3000 an tersedia di apotik2. Saya sendiri sering dimarahi suami karena keseringan coba-coba tes (hehe) tak apa kok asalkan hati senang. Dan pasti tambah senang jika hasil tes pada kertas tes bergaris dua berwarna merah muda..banyak2lah bersyukur..lalu sampaikan pada suami kejutan tersebut..sapa tau dapet hadiah dari suami :)

Hamil bulan 1 – 3 :
Disebut juga trisemester pertama, ini adalah usia yang rawan bagi ibu hamil dan bayinya. Mual dan muntah sangat besar kemungkinan terjadi pada usia kehamilan ini. Bisa terjadi pada pagi hari, atau bisa juga pada malam hari seperti saya, mual dan muntah justru pada malam hari setelah pulang kerja. Atasi dengan segera, jika anda ke dokter biasanya diberi obat mual, namun coba atasi dengan beberapa saran di artikel “mual muntah saat hamil” itu bisa juga dicoba karena yang terpenting pada usia kehamilan ini, makanan harus masuk. Jangan sampai calon ibu kekurangan nutrisi. Karena otak janin dan tulang belakang sedang berkembang. Jika terlanjur muntah, minumlah air hangat campur madu. Minum teh manis jangan terlalu banyak karena teh bisa mengikat garam dalam tubuh sehingga pada bagian tertentu tubuh bisa terjadi pembengkakan.

Hamil bulan 4 – 6 :
Disebut juga trisemester kedua, umumnya rasa mual mulai berkurang, berat badan meningkat cepat. Pada bulan ke-4 akan mulai terasa gerakan janin. Tubuh sudah mulai bersemangat dibanding dengan trisemester pertama tubuh sudah mulai beradaptasi dengan perubahan hormonal yang terjadi. Ngidam umumnya terjadi di masa ini. Menurut beberapa literatur yang pernah saya baca, ngidam makanan tertentu dapat diartikan bahwa tubuh kekurangan zat-zat tertentu yang kemudian di dorong dengan keinginnan memakan makanan tertentu. Namun ngidam yang aneh-aneh dan berlebihan kemungkinan dapat disebabkan ingin menarik perhatian suami..heheh makanya para suami ayolah obral kasih sayang untuk istrinya dimasa ini.

Hamil bulan 7 – 9 :
Disebut juga trisemester ketiga, rasa lelah pada trisemester pertama kembali terulang di trisemester ketiga ini, terutama untuk para ibu pekerja. Lelah disebabkan beban tubuh semakin tinggi karena janin berkembang sangat pesat dan mendorong tubuh kedepan, sehingga gaya berjalan ibu disarankan untuk menarik bahu agak kebelakang dan punggung diluruskan, menurut suamiku seperti gaya jalan pragawati..disarankan pada usia ini bagi yang memiliki waktu luang untuk mengikuti senam hamil, dimomen ini nanti ibu bisa bertemu dengan banyak calon ibu lainnya untuk berbagi pengalaman, tips, maupun konsultasi dengan bidan yang membimbing senam hamil. Ada acara makan snack dan minum susu juga lho..saya ikut di rsia hermina dengan biaya rp. 15.000/kedatangan. Ikut senam setiap sabtu pagi diantar suami. Di sana juga diajarkan latihan mengejan nanti untuk kelancaran persalinan. Sungguh banyak kegunaannya..terutama bagi calon ibu yang akan deliver anak pertama seperti saya.. Oya, perbanyak duduk bersila di usia ini ya..agar gravitasi bumi bisa menempatkan posisi bagian terberat janin yaitu kepala janin menempati panggul ibu.

MELAHIRKAN

Saat yang tak akan terduga kapan datangnya.. Jika sudah mencapai usia bulan ke-9 pasti akan ada orang bertanya “kapan dugaan waktu lahirnya?” hehe..sabar aja. Kelahiran bayi saya maju dua minggu dari waktu estimasi dokter. Tanggal 1 july 2005. Padahal waktu estimasi adalah 14 july 2005. Tanda-tanda akan melahirkan pada setiap calon ibu berbeda-beda. Saya diawali dengan lendir berwarna merah segar tanpa mulas. Lalu beberapa jam kemudian terjadi mulas-mulas yang tidak beraturan jarak antar mulas dengan jeda sekitar 30 menit. Mulasnya tidak lama cuma 1 menitan. Lalu mulailah mulas semakin dekat waktunya bisa mencapai 15 menitan dan lendir tambah banyak. Segeralah ke tempat melahirkan, saya memilih di rsia hermina bogor. Alhamdulillah tiba di rumah sakit sekitar jam 15.00 saya melahirkan jam 21.05. Meskipun saya di induksi jam 18.00. Di induksi yaitu diberikan cairan penambah rasa mulas dan diberikan beserta cairan lainnnya dalam infusan kepada calon ibu. Akibat induksi tersebut, rasa mulas yang datang sangat kuat sehingga bukaan bisa lebih cepat. Yang dimaksud bukaan adalah ukuran jari yang dimasukkan ketika periksa jalan lahir. Dua jari artinya 2 cm dan seterusnya.

Saya mengingat yang terpenting dalam proses melahirkan :
1. Mensyukuri datangnya mulas..justru rasa mulas lah yang dicari. Karena rasa mulas datang dari rahim yang kontraksi berusaha mengeluarkan bayi. Setiap mulas datang saya ucapkan alhamdulillah..
2. Jangan menahan rasa mulas, justru ketika datang mulas rasakan dengan santai dan relakskan panggul sehingga jalan lahir menjadi mudah terbuka.
3. Jangan mengangkat panggul ketika sedang mulas ataupun nanti pas melahirkan, justru di bawa menempel ke tempat melahirkan sesuai gravitasi bumi.
4. Mengejan ketika di perintah oleh bidan atau dokter yang membantu persalinan kita. Karena beliau yang bisa melihat bukaan jalan lahir.
5. Konsentrasi dan tenang. Karena diajarkan di senam hamil, saya bisa mengatur napas dan tidak lupa untuk melakukan posisi melahirkan yang diajarkan. Justru ketika mengejan kita tidak boleh bernapas agar ngejannya kuat. Senam hamil? Kenapa tidak?

Dan bagi ibu yang mendapati jahitan pada jalan lahirnya atau jahitan perineum (episiotomi) setelah melahirkan, mintalah obat pelunak feses jika mengalami konstipasi (sulit BAB) dalam dua minggu awal setelah melahirkan, cek up kembali ke dokter kandungan. Jahitan akan menyatu dengan daging kembali dalam 5-7 hari, dan insyaAllah sempurna setelah 2 minggu setelah melahirkan. Lebih amannya, dapat kembali normal setelah 40 hari setelah melahirkan. Jaga bagian jahitan agar selalu kering (keringkan dengan tissu setelah kena air), dan jangan segan ganti pembalut bila terlalu lembab (bisa menyebabkan gatal).

Persiapan dibawa kerumah sakit ketika melahirkan :
Untuk ibu :
Baju berkancing depan untuk 3 hari
Rok nyaman
Pakaian dalam
Sisir dan alat kecantikan ibu (supaya ibu tidak bau :) )
Sendal nyaman
Pembalut
Kain untuk ibu
Alat mandi ( biasanya sudah disediakan oleh rumah sakit : sabun, odol, sikat gigi,handuk kecil)

Untuk bayi :
Sepasang baju bayi
Sepasang sarung tangan
Sepasang sarung kaki
Kain bedongan
Selimut hangat untuk bayi
Pampers new born
Semua peralatan bayi ini dipakai ketika bayi akan dibawa pulang.
( biasanya pakaian dan peralatan bayi selama menginap sudah disediakan oleh rumah sakit, jadi ibu hanya diminta menyediakan perlengkapan untuk bayi pada hari bayi akan dibawa pulang saja)

Perlengkapan bayi yang dapat dipersiapkan ketika untuk di rumah :
Baju ukuran s : 2 lusin
Celana ukuran s : 2 lusin
Box bayi dengan kelambu
5 ps sarung tangan atau lebih
5 ps sarung kaki atau lebih
Selimut hangat
Diapers new born
Topi hangat
Alat mandi : sabun top to toe, handuk, wash lap, bak mandi
Lainnya : minyak telon, bedak, baby oil.

Satu hal lagi jangan lupa ada kamera…untuk mengabadikan kejadian luar biasa yang terjadi dalam hidup..

baca juga :
kehamilan (1)
kehamilan (2)
Pasca melahirkan beberapa hal yang harus jadi perhatian

PENGALAMAN MELAHIRKAN DI RUMAH

MELAHIRKAN GENTLE BIRTH

Incoming search terms:

  • http://dini isnandi net/berbagi-pengalaman-hamil-dan-melahirkan/
  • keluar flek coklat saat hamil 9 bulan
  • haid cm 1 hr 2mmg kmudian keluar lendir darah lg
  • Pengalaman hamil muda
  • Pengalaman saat melahirkan
TwitterGoogle+WhatsAppBookmark/Favorites

72 responses so far

  • [...] Persiapan untuk dibawa ke rumah sakit berdasarkan pengalaman Ibu Dini Susanti [...]

  • [...] Berbagi Pengalaman Hamil dan Melahirkan [...]

  • susi says:

    thank u very much! May Allah rewards your kindness…

  • Ika Nurmayanti says:

    Trimakasih info yg udah d share. Saya yakin banyak memberikan petunjuk dan semangat kpd calon ibu. Khususnya saya yg sdg memasuki usia kehamilan 6 bulan, anak pertama.

  • shirly says:

    ibu dini..
    hiks.. apakah ibu tidak pernah mengalami flek coklat muda???

    saat saya telat 10 hari saya senang sekali.. tapi ternyata pada hari ke 11 saya dapat flek coklat merah sedikit sekali.. ga sebanyak haids.. saya bingung apakah itu haid atau fleks..
    dan berhenti setlah 2 ari. dan sudah bersih 2 ari trnyta hari ke 3 saya ada flek lagi karena kebanyakan jalan kayaknya.. tpi cuma sedikit…

    besok nya kluar flek lagi tp cuma 2 tetes coklat muda gtu. aya bnaran bgung bgt.. ntah ni hamil atau kagak.. karena saya sudah test masi negatif..

    saya sangat menunggu kehadiran uah hati untuk melengkapi kluarga kami.. makasih y bu.. mohon pendapat ny bagi ibu yang pernah mengalami

    • Dini Susanti says:

      Salam shirly,
      Menstruasi saya pernah terlambat hampir satu minggu lebih setelah cek test pack hasilnya negatif, ga berapa lama keluar darah coklat muda dan keluar mens seperti biasa beberapa hari kemudian.

      Menurut pengalaman, untuk bedakan antara darah mens dan darah flek bisa dilihat dari warnanya, darah mens umumnya awal keluar berwarna coklat muda, sedangkan darah flek keluar dalam warna merah segar.

      Dan jika keluar darah coklat walau sedikit meski mens sudah terlambat kemungkinannya memang darah mens namun bisa dicek testpack untuk melihat hasilnya.

      Dan jika yang keluar berwarna merah segar, ada dua kemungkinan saat itu sedang hamil atau tidak. Umumnya meski hasil tes negatif, namun jika telat mens sudah lewat 2 minggu meski sempat keluar flek, kemungkinan tubuh sedang hamil, cek ke dokter untuk segera usg.

      Jangan khawatir, usahakan rileks ya mbak, saya doakan semoga dikarunikan buah hati dengan segera. amiin.

      • Leni Marlina says:

        Mbak, nasib saya juga sama, telat 2 minggu, perut kram dan besoknya keluar cairan berwarna coklat muda, tp ketika dicek kebidan dan tespack, hasilnya negatif, tidak hamil
        Apakah tes yang paling akurat mbak ?
        Apakah warna kecoklatan adalah tanda mens, karna saya tdk pernah terlambat hingga 2 minggu,
        Mohon penjelasannya, terima kasih :)

        • Dini Susanti says:

          Betul mbak, cairan mens ditandai dengan warna coklat muda. Dan telat mens meski hingga 2 minggu kadang bukan berarti hamil, karena mens dipengaruhi hormon dan kondisi kesehatan tubuh wanita. Darah dng warna kecoklatan yg keluar menunjukkan datangnya menstruasi.

          Untuk testpack manapun menurut saya rata2 bagus dan bisa melakukan test 7 hari setelah berhubungan badan.

  • beben basari says:

    Ass.. sy mau share nih! cara cerdas mendulang emas, klik: http://www.logammulia.net/9999 cp:beben KLM bandung 081221676257 SalamMulia Wass..

  • tutu says:

    makasih informasinya

  • rose says:

    makasih bnyak bwt sharenya mbak dini…
    berguna bget buat saya..
    skrg saya lagi hamil 8bulan…
    sdg deg”an bget…

  • tia says:

    makasih ya mbak dini share pengalamannya, saya lg hamil anak ke 3 dan sedang mengalami kontraksi dan pegal2x seperti mau haid….saya bingung apakah sudah mendekati persalinan apa sekedar braxton hicks saja, soalnya hamil kali ini beda bgt sama yg 1 & 2. Perkiraan partus 12-12-2011.

    • Dini Susanti says:

      Salam mbak tia, estimasi kelahiran desember tgl 12? Dari estimasi dokter tersebut ada kemungkinan maju atau mundur 2 minggu. Di usia 9 bulan kehamilam ini mbak dapat bersiap melahirkan kpn saja. Rasa pegal di bagian pinggang saya juga sering mengalami dulu sehingga tidur pun masih terasa pegal maka posisi baring sisi kanan atau kiri sambil memeluk guling besar dikedua kaki biasanya bisa mengurangi pegal2. Dan usahakan mulai sering duduk posisi sila, agar kepala bayi (bagian terberat tubuhnya) bisa menempati lubang panggul menurut gravitasi bumi. Semoga lancar dan sehat ya mba tia.

  • any says:

    selamat sore mbak dini…mbak saya mau tanya nich…mbaknya kan sudah berpengalaman…
    saya dateng bulan tanggal 21…tapi kox akhir2 ini saya ngrasa ada yang beda…
    sering kembung,sering marah2 gak jelas,nafsu makan bertambah…nyeri bagian bawah perut sakit pinggang juga…kemungkinan saya hamil gak si mba…kox banyak yang bilang saya itu kaya lagi hamil….

  • ummu says:

    pagi bu dini ,,
    sya mau share nh , qlo keluar cairan lendir brwarna merah nd rasa mulas seperti mau BAB .
    Sya hruz gmana y bu ?

    • Dini Susanti says:

      Bunda umur kehamilan berapa minggu? Jika sudah bulannya dan keluar darah disertai kontraksi, insyaallah pertanda mau lahiran tuh bun.. Datangi dokter kandungannya jika kontraksi sudah semakin cepat utk dicek sdh bukaan berapa

  • ami says:

    siank bu dini…
    saya mau nanya nich..
    terakhir saya dateng bulan tanggal 20 desember..
    terus sekarang saya sering ngerasa mual,kram dibagian bawah perut,terus pas tanggal 9 ada flek coklat tapi cuma hari itu doank…mungkin gak sich saya sekarang hamil..pas tanggal 10 aku pakai tas pack hasil’y masih negatif…

  • yanti says:

    malam bu
    ikutan share y,,,
    sy lg H2C terakhir haid tgl 1des 2011 smpai skrng blm haid lg dh tlt 2mgan tp sy dh tes hslny – sy smpt k dokter d usg sdh ada pnbln dndng rahim sy d srh cek lg 2mg kmdn sy sdh mrskn mual klo cium bau yg mnyngt yg plng trasa sakit prt bgin bwh jd takt n bingung bnrn hamil apa gak y???

  • rahma says:

    Sy ketemu situs yg bagus buat teman2 yg blm punya anak.
    Coba cek di sini:
    http://tipshamil.com/?ref=789
    Bantu sebarkan yah, mudah2an berguna buat teman2 yg lain

  • sari says:

    sore mbak dini…

    mau share nich, saya sdh telat sekitar 16 hari , karena memang berharap saya akhirnya mencoba test pack hasilnya positif mbak…. nah akhirnya saya ke dokter utk di usg, dokter bilang belum keliatan dan klo penasaran bisa balik lagi setelah 2 minggu karena yg nampak baru ad penebalan di rahim saja dokter hanya menyarankan jangan kecapekan dan memberi vitamin ….. sehari setelah ke dokter saya luluran ke salon dengan catatan waktu massage punggung saya duduk dan tidak tidur tengkurep karena takut. sampai di rumah ad keganjilan, ad bercak darah coklat muda saya pun mulai khawatir dan berharap cuma karena kelelahan tapi sampai besok hari keluar darah seperti haid …. berhubung hari minggu saya ga bisa cek ke dokter , apakah mbak dini pernah mendengar kasus seperti saya?takut mbak…..

  • ifham says:

    Assalamualikum, mohon tukar pengalamannya…istri saya baru hamil 2 bulan, sudah 2 hari ini kalo muntah bercampur lendir merah kaya darah, berbahaya kah?terimakasih untuk sharenya.
    Wassalamualaikum

  • Dini Susanti says:

    Ibu2 n bpk maaf ya baru bs sharing..
    Mbak ami, siklus mensnya berapa hari? Jika misalnya 28 hari bisa dihitung tgl brp mens berikutnya. Kemudian jika telat mens maka coba pakai tes pack lagi kemungkinan hamil ada bagi istri yang tidak memakai alat penunda kehamilan.. Bahkan 7 hari setelah berhubungan pun bisa di tes kapan saja.

    Mbak yanti, hasil usg bhw ada penebalan dinding rahim kemungkinan pertanda hamil, bagaimana hasil tesnya kemudian? Positif hamil mbak?

    Mbak sari, bagaimana kabarnya? Sudah ke dokter kandungan utk cek lagi? Hasil tes pack positif insyaallah 90% hamil mbak, dikuatkan dng hasil usg ada penebalan dinding rahim. Sebaiknya semasa hamil jng ada massage2 disekitar area rahim.. Area depan maupun belakang.. Cukup diusap2 saja oleh suami penuh kasih sayang jika ada yg kurang nyaman. Semoga baik2 saja ya.

    Mas ifham, bagaimana kondisi istrinya sekarang? Masih muntah? Menurut pengalaman saya, muntah lendir adalah wajar namun jika campur darah itu tidak wajar, namun kemungkinan ada dua, darah trrsebut berasal dari luka tenggorokan atau kerongkongan yg kuat mengeluarkan muntahnya atau luka lambung dan saluran pencernaannya. Disarankan ke dokter untuk amannya, atau jika tdk kedokter pun bisa ditangani dng catatan masih kondisi normal darahnya hanya percikan kecil, tdk dlm volume besar dan bukan berasal dr batuk (krn jika batuk meneluarkan darah kemungkinan darah dari paru2). Coba minum madu campur air hangat, jangan makan pedas ataupun berbumbu tajam, makan bubur dulu sementara waktu, dan coba atasi dng bbrapa saran saya ada di artikel “mual muntah saat hamil” minuman jahe juga bagus. Semoga lekas sembuh ya.

  • intan says:

    pagi…share ya mba…mba,bulan november 2011 saya mengalami abbotus inccomp dan akhirnya dikuret,kehamilan pertama mb…..pertanyaannya,apakah saya sudah boleh hamil kembali setelah 2x mens?terakhir mens 10januari 2012.tadi pagi saya mengeluarkan cairan berwarna coklat gitu mba….apakah itu tanda bahwa saya hamil???mohon jawabannya ya mb…Cz saya pengen sekali dapat momongan kembali.saya nikah udah 2.5thn.selama 2hn pernikahan saya program KB kalender dan pada saat masa subur saya coitus interuptus.thank’s atas jawabannya ya mb……

  • Dini Susanti says:

    Pagi mba intan, program KB kita sama mbak saya juga memakai KB kalender karena paling cocok dengan saya. turut berduka atas kejadian yang terjadi mbak, saya baca dari beberapa informasi di internet yang mungkin mbak juga bisa searching juga, bahwa ada dokter menginformasikan jika setelah kuret terjadi 1x mens maka tunggu hingga mens kedua kalinya maka diperbolehkan hamil kembali. Darah mens ditandai dengan cairan coklat, berapa hari siklus mensnya mbak? bisa cek kemudian. Saya doakan semoga diberi kemudahan memperoleh momongan .. aamiin.

  • Yanti says:

    Alahamdulillah mbak hasil usg positif dah 6mg kantong janinnya jg dah kliatan tp tespek kok masih negatif ya jd bingung,kt dokternya gpp soalnya hormon HCG tiap ibu hamil beda2 cb d cek lg 2mg kmdn. Jd cemas soalnya oktober 2010 pernah hamil tp BO,,, mudah2 kali ini bisa selamat dan lancar sampai melahirkan mohon doanya ya mbak,,,

  • Dini Susanti says:

    Alhamdulillah ikut hepi. Mari berpikir positif ya mbak, sdh telat mens dan kantong janin sdh terlihat. Dulu saya pakai tespek merk sensitif cukup bagus, dicoba lagi besok pagi mungkin hasilnya positif ya. Jika msh negatif pun sesuai yg dkter katakan, bisa dicek 2 mg lagi. Mulai jaga asupan makannya ya mbak.. Insyaallah semoga lancar dan sehat..

  • intan says:

    siklus saya g teratur mb,paling cepet 36 hari….mens pertama pasca kuret 28hari,tapi yang kedua 36hari.mulai mens kedua pasca kuret ni saya dan suami mulai program hamil lagi mba.apakah kondisi rahim saya sudah siap untuk hamil kembali?setelah kuret saya belum pernah ke dr.SPOG lagi mba,saya merasa takut dan trauma membayangkan alat USG yang menyatakan bahwa janin saya sudah tak bisa terselamatkan.sekarang saya minum prenagen esensis,makan makanan yang banyak mengandung asam folat,vitamin E,dll.oh iya mba,apakah keguguran juga terjadi karena faktor keturunan?cz dulu ibu saya juga keguguran hamil pertamanya.mudah2an di bulan ini saya dan suami diberi amanat kembali oleh Allah SWT.amiin…

    • Dini Susanti says:

      Dear mba intan, menurut info yg saya dapat mens kedua setelah kuret rahim insyaallah siap hamil kembali. Jika mba masih trauma ke dsog saya sarankan utk kunjungi bidan terdekat ya mba utk konsultasi lagi. makan makanan mengandung asam folat bagus sekali mba, misalnya susu kambing, sari kurma, karena ketika masa kehamilan datang saya pun usahakan mengkonsumsi makanan2 tsb. Susu ibu hamil tidak begitu disarankan dsog saya, susu biasa sudah cukup memenuhi kebutuhan tubuh dan janin insyaallah. Vitamin2 pun usahakan dr bahan alami yaitu buah dan sayur. Dan terpenting dsog saya bilang bnyk zikir insyaallah lancar. Saya doakan juga ya.. Aamiin.

  • herlina says:

    mbak dini,saat ini saya telat haid 9hari,sayates pk tespect saat telat 5 hari hasilnya positif,dan waktu periksa saat telat 5hari itu,kata dokter masih 4mingguan,dan masih samar2 antara iya atau tidak,krn waktu telat 5 hari,saya merasakakan,nyeri dipinggang,dan nyeri dan ngilu diperut bawah kanan,sampai dgn hri ini msh ngilu2 sedikit diperut bagian kanan bawah,terkadang ngilu dan nyeri sedikit juga kepinggang belakang,dan tadi saat saya batuk saya merasakan nyeri diperut kanan bawah,dan sorenya ada cairan coklat muda banget keluar,saya lap pake tisu ada lendir warna coklat muda dan tua,tp sgt sedikit sekali,apa saya harus kedokter,padahal dokter menyuruh kembali setelah 2 minggu,karna katanya belum pasti

    • Dini Susanti says:

      Salam mba herlina, kita disini sharing saja ya, karena saya juga bukan praktisi kesehatan. Insyaallah hasil tespek umumnya 90% benar, namun usia kandungan muda juga sangat rentan sehingga banyak dokter menyarankan agar kandungannya dijaga. Jika lendir tersebut keluar banyak patut dicurigai, namun jika mba merasa bahwa yang keluar tidak begitu banyak dan tidak mengganggu kehamilan dan janin maka insyaallah tidak apa2. Namun jika merasa khawatir maka jangan ragu untuk menghubungi dsog nya. Selalu dengarkan kata hati seorang ibu, umumnya benar. Jaman dahulu banyak para ibu hebat yang melahirkan manusia2 hebat dengan fasilitas kesehatan dan kedokteran yang minim. Banyak berdoa ya mba, saya ikut doakan..

  • herlina says:

    o iya mbak,saya juga pernah mengalami 2x melahirkan prematur 6bulan

  • herlina says:

    mbak saya mo nanya lg,saya keluar flek yg awalnya sedikit,skrg keluar bongkahan darah kecil2,dan darah merah disertai sakit perut seperti sakit mens,saya tes pk tespek,ternyata yg tdnya hasilnya positif,skrg hasilnya negatif,apa saya keguguran mbak?

    • Dini Susanti says:

      Mba herlina, besar kemungkinan darah yg keluar adalah darah mens, namun krn pernah terjadi pembuahan sebelumnya maka saya sarankan periksa ke dsog untuk dicek rahimnya agar kembali bersih, saya kurang paham istilahnya, dokter lbh paham. Selanjutnya bisa konsultasi utk persiapan lagi jika ada rencana hamil kembali mba.. Semoga mba sehat selalu..

  • herlina says:

    mbak waktu diperiksa kedokter kan dokter bilang antara iya atau tidak,dan kata dokter dlm 2 minggu kalau tidak mens berarti iya,tp ternyata saya mens,apa masih perlu kedokter mbak,saya rencana mo hamil bln april,karna suami saya jauh,dan bln april pulang

  • herlina says:

    o ya mbak tespeck yg kemaren negatif,pagi ini saya lihat garisnya ada 2,tapi garis yg ke2 sangat samar mbak,apa kemunkinan saya masih hamil

  • Dini Susanti says:

    Mba herlina, krn dlm kehamilan tidak boleh ada pendarahan, dan saya kawatir salah dlm hal ini. Jadi saya hanya bisa sarankan mba utk konsultasi ke praktisi kesehatan utk dilakukan pengecekan ttg kehamilannnya. Jika mba yakin utk tunggu hingga waktu 2 minggu lagi silahkan, tapi jika pny kekhawatiran juga tdk apa2 utk cek ke dokter langganan atau dokter/bidan lainnya utk second opinion secepatnya.

  • Dini says:

    Dear Mb Dini,

    Mohon di share mngenai pengalaman melahirkan di rsia hermina dong krn kebetulan dkat dgn rumh ortu dan berencana melahirkan dsna. Thx a lot ya mba

    • Dini Susanti says:

      Dear mba dini, eh nama kita sama :) , saya melahirkan putri pertama di hermina bogor, bagi saya cukup memuaskan, dokter maupun suster2nya sangat care dan professional dlm menangani ibu dan bayi. penilaian saya dari ruang melahirkan, ruang rawat bayi, dan ruang rawat inapnya juga bagus, bersih dan nyaman. hermina pro asi, sehingga bayi dibawa setiap hendak menyusui ke ruang ibu, juga dilakukan pijat payudara bagi ibu yang sulit keluar asi. jangan lupa ikut senam hamilnya, banyak membantu utk melancarkan proses melahirkan nanti. saya melahirkan dibantu dr perempuan, Dr. amrah, bbrp minggu lalu juga saya pernah bertemu seorang dokter kandungan cantik yang selalu senyum namanya Dr. Florencia Luthfi A.SpOG, silahkan dicoba semoga cocok, jika kurang cocok jng segan ganti dsog, biasanya feeling ibu hamil benar :)

  • windi says:

    Mbk, hari ini kehamilan saia sudah 9 bulan 9 hari , prediksi dokter tgl 15 kmrin, tp sampai saat ini blm jg ada tanda” , Ω̶̣̣̥̇̊nd gerak ʼnƔપ berkurang ,mnurut mbk, saya mesti gmna ​​♧⌣.. î♈α᪪ªª ..⌣♧?

    • Dini Susanti says:

      Salam mba windi, hpl hanya perkiraan waktu lahir, bisa maju atau mundur umumnya 2 minggu. Saya sarankan bercakap2 dng bayi dlm perut utk kerjasamanya agar persalinan lancar pada waktunya. Perbanyak aktivitas berjalan dan duduk bersila, lakukan affirmasi positif selalu, jng lupa doa dan zikirnya insyaallah lancar ya

  • herlina says:

    mbak dini seminggu yg lalu saya usg kedokter katanya saya sudah gak hamil lg padahal hasil tespeck masih positif,tp kata dokter itu gak betul,lalu saya mual sampai muntah kata dokter bisa jadi saya kena mach,karn rahim saya sudah kosong,dan kata dokter flek yg saya alami sejak 8 februari tidak akn keluar lagi,tp flek itu masih keluar sampai dgn hari ini,dan saya coba tespeck lagi hasilnya masih positif,saya bingung mbak,apa saya bener2 udah gak hamil lagi atau saya masih hamil,saya terakhir mens tgl 31 desember

    • Dini Susanti says:

      mba herlina pakabar? sudah coba second opini dari dsog atau praktisi kesehatan lainnya? agar ada informasi lain yang saling mendukung. jujur saya pun tidak tahu kondisi mba bagaimana, apakah masih hamil atau tidak sedangkan usg menyatakan rahim sudah kosong. semoga kondisi mbak baik2 ya.

  • merry says:

    wihhh Mbak Dini. thanks banget infonya.. sungguh bermanfaat (langsung di printout, :P )
    kepengen banget punya anak, tapi dah 3 tahun blum jg ada tanda tanda. orang bilang klu datang bulan tidak teratur (tanggal berubah ubah) susah punya anak :( bener gak sih?

    • Dini Susanti says:

      wah mba merry semoga cepet terkabul doa untuk dapat momongannya ya.. mengenai ‘apa kata orang’ cuekin aja mba, dulu waktu gadis menstruasi saya sangat2 sakit bahkan bisa guling2 ditempat tidur. Dan ada yang mengatakan bahwa nanti akan sulit punya anak dan sebagainya dan sebagainya. jika saya ambil peduli mungkin yang ada adalah stress dan gak mau menikah hehe. tapi saya cuekin dan alhamdulillah tidak benar sama sekali. keep positif ya :)

  • yayan says:

    Salam kenal para bunda. Aku baru nikah 10 bulan. Aku pernah hamil 2 bulan langsung keguguran tanpa kiret dgn bantuan obat gastrul dari dokter, itu terjadi 6 bulan lalu tetap pada 4 bulan setelah merried. Dan kemarin aku telat 3 hari tpi hasil tespeknya negatif. Apakah kemungkinan aku hamil? Aku pengen cepat2 punya buah hati. minta doanya dan suportnya yach bunda semua.

  • yayan says:

    Salam kenal untuk mba dini.. Mba aku minta tips untuk cepat punya momongan. Bunda2 yg lain klau punya tips share donk.. Thanks yach.

    • Dini Susanti says:

      saya tidak punya tips yang khusus bunda, namun saya sendiri sering melakukan perbaikan pola makan agar tubuh bersih dari racun, misalnya tidak sering makan mie instan bahkan jarang sekali, sering minum jus buah seperti melon, belimbing dan lain2 yang kadar airnya banyak. kadang juga memakan bawang putih mentah, kalau bisa jangan sering makan yang berpengawet seperti sosis dll. dan kegiatan ini mesti dilakukan berdua pasangan agar bersihnya barengan. insyaallah sel2 tubuh akan melakukan fungsinya dengan baik. silahkan dicoba ya bunda..

  • seno says:

    salam kenal mba dini, anak saya prematur 6 bln, setelah di usg kepala informasi dari dokter ada pendarahan grade 1. apakah efek dr pendarahan tsb. mhn infonya y mba dini. terima kasih

    • Dini Susanti says:

      turut berduka bunda/panda atas cobaan yang terjadi, namun sedikit sekali pengetahuan saya mengenai hal tersebut. bagaimana menurut pendapat dokternya? namun ini hanya pendapat saya pribadi, sel2 pertumbuhan pada bayi umumnya akan berkembang pesat luar biasa, kadang diluar akal manusia, asalkan kurangi intervensi kimiawi berlebihan ya.. lakukan perlakuan alami terhadap bayi tersebut secara simultan terus menerus, misal pemberian susu asi tidak berhenti, menjemur bayi dibawah sinar matahari pagi setiap hari, sentuhan lembut ibu selalu dilakukan dan gaya gendong kanguru sangat disarankan karena bayi akan merasa nyaman dan dapat menstimulasi perkembangan yang lebih baik sekali. semoga bayinya tumbuh sehat tak kurang suatu apapun ya.. ikut berdoa insyaallah tidak apa2, peluk cium untuk ade bayi ya..

  • ami says:

    siank bu dini…
    mau nanya nich…aku terakhir dateng bulan tanggal 18 februari,..
    terus tanggal 14 kemarin aku pakai tes pack hasil’y positif…
    kira2 aku udah hamil belum ya…kalau udah umur’y berapa minggu…

    makasih….

  • Nelly says:

    mbak, setau saya seminggu setelah mens itu masa2 ndak subur, jadi kalo berhubungan di masa2 itu ga akan hamil. tapi ada juga yg bilang bisa mbak. ada yg punya pengalaman ndak ya ttgg itu? berhubungan pada masa2 itu mungkinkah bisa hamil?
    kalo ada yg tau, mohon di share..
    saya berharap sekali bisa segera hamil, tapi bisa ketemu sama suami terbatas dan seringnya masa2 ndak subur itu.

  • ami says:

    4 minggu dihitung dari terakhir menstruasi
    4 minggu dikurangi 2 minggu..
    berarti saya hamil 2 minggu ya…bener gak bu….

    • Dini Susanti says:

      Umumnya begitu ya kalau tdk salah usia kehamilan dihitung dari mens terakhir, namun usia janin dihitung dari masa pembuahan yang menjadikan ada hitungan usia kehamilan dikurangi dua minggu masa pembuahan.

  • assalamualaikum,
    mau share dunk bunda Dini,
    Aq sdh telah haid sdh 5hr,kmren smpt ada keluar flek sedikit sekali,warnanya agak cokelat, tp pas aq cek bund,hasil TP yg satu ada 2 garis samar dan yg satu malah negatif bund..kira2 apakah sya hamil/tidak ? Mohon jawabannya ya bund…

  • ami says:

    bu mau nanya lagi nich..
    saya tadi sore keluar flex darah tapi agak hitam…
    dan cuma sedikit…bahaya gak ya bu…
    khawatir bngt nich…tapi dari pertama saya tau hamil…
    baru kali ini keluar flex…

  • desi says:

    met kenal Bunda.. mau tny nich.. aku biasa haid teratur tgl 17. bulan ini, 3 hari sebelum haid, aku test pakai sensitif test pack. hasilnya muncul dua garis merah, satu merah tua, satu merah muda tipis. lalu malam nya aku testlg pakai pregnatest , hasilnya sama, muncul dua garis, satu tua dan satu nya muda. hamil ga ya? coz emg lg berharap hamil

  • cen says:

    Assalamualaikum..
    mbak aku mau nanya, soalnya sekarang lagi bingung..
    Bulan lalu aku cuma haid 2 hari (biasanya sampe 8 Hari) darah yang keluar warna coklat encer tapi lumayan banyak.. nah sekarang aku dah telat 2 minggu, badan rasanya pegal2, perut dan pinggul sering kram, aku belum TP tapi kemaren waktu telat 3 hari aku dah ke dokter, trus di USG transvaginal, dokternya bilang gak ada kantong janin, cuma dinding rahim udah sangat menebal, kemungkinan akan haid, aku kemudian di kasi agnu-gyne tapi aku gak minum karena setahuku itu untuk meluruhkan haid, takutnya aku lagi hamil, malah gugur mbak.. tolong pencerahannya yah..

  • Dyan says:

    Saya hny ingin berbagi sedikit pengalaman sy saat melahirkan..bagi saya rasa sakit dan mulas saat akan melahirkan adalah anugrah buat saya, semua rasa sakit itu akan hilang saat kita melihat dan mendengar tangis bayi kita untuk pertama kalinya.
    Makasih..Wss

  • bunda yanti aza says:

    salam kenal bunda semuanya senang rasanya bs menemukan link y sangt bermanfaat ini.seperti halnya bunda semuanya ,saya juga sngt berharap mendapatkan rizki dan kepercayaanNya.namun sepertinya hrs bersabar berhubung menginjak 8bln pernikahn saya mash haid.minta masukannya dunk bunda klw siklus haid ga teratur bagaimana caranya memulai program?klw dr program kalender tdk memungkinkan?mhn balasannya,makasi

  • bunda askha says:

    saya termasuk cepat n gampang saat melahirkan anak pertama saya. Cukup butuh waktu 2 jam saja sampai akhirnya melahirkan.
    Di klinik pukul 21.00 dan melahirkan pukul 22.50.
    Alhamdulilah.
    Bukaan.nya gak saya rasain awalnya karena saya gak berfikir akan melahirkan di hari itu. Ternyata maju 2 minggu dr perkiraan. Saat d bwa ke klinik tau2 udah buka 7,
    wow.
    He,
    saya jd kpengen melahirkan lagi rasanya.

  • very good submit, i actually love this web site, carry on it

  • Bunga Lubis says:

    Mbak, pagie, saya mau ikutan share donk..
    seminggu yg lalu saya merasakan gejala-gejala seperti mual, perut kembung, sering buang air kecil, PD kencang dan nyeri, pusing.. namun sy TP masih -, lalu 3 hari yg lalu saya keluar flek dengan darah merah muda/ segar saat buang air kecil..
    nah saya bingung tapi saya gunakan pembalut, nah darahnya tidak menempel sama sekali, besoknya saya tetap pakai, dan saya pergi jalan2, baru darah menempel ke pembalut, namun tidak terlalu banyak, lalu saya coba check ke dokter, dokternya itu jutek dan pelit bgt ama informasi, dy bilang saya tdk hamil, malah saya divonis ada peradangan pada mulut rahim, dan disuruh untuk cuvag sebanyak 5x.. saya belum melakukan cuvag itu, karena saya dengar dokter itu slalu menyuruh setiap pasiennya untuk cuvag, namun hasilnya tidak ada, malah sering pendarahan.. sebenarnya saya hamil atau tidak ya?? rencananya hari ini saya mau ganti dokter nih.. tolong masukkannya ya mbak..

  • Richa says:

    Malem bunda dini,,
    Saya mau tnya nich,,
    Sya sdh menikah 1.5thn…
    Thn kmren saya telat 2 minggu trus kluar flek cokelat dan perut saya sakit sekali seperti di peras2 slma 4hri,,
    Sya periksa ke bidan katanya cma maag sakit perutnya,, tpi saya konsultasi ke bidan lain katanya keguguran..
    Skrg harusnya sya mens tgl 5,, tpi 3 hri terakhir ini setelah makan sya merasakan mual smpe muntah,,
    Selalu siang hari,, perut saya jga mules tpi gag mau BAB,,
    Apa saya hamil ya bund,,
    Makasih

  • lia fauziah says:

    salam kenal mbak dini, aku maw tnya nie… aku dah telat 2 minggu lebih. kmrn sempet kluar flek merh segar dikit bgt sebelum tgl haid dan pas 1 minggu telat. n tu cm bntar. aku dah ngrasain gejala2 hamil mbak. tp pas 2 minggu aku tes kok negatif. trus aku kedok

  • lia fauziah says:

    maav mbak.. di atas kepotong.. aku ke dokter trus di usg ktanya msh belum kliatan janinnya n dsuruh balik 2 minggu lg. aku dikasih vitamin osfit dha tu perkembabgab janin. apa berarti aku hamil? tp kok tes msh negatif ya?

  • aini says:

    Aslm..malam bunda,,sy mau nanya,,saya hamil 4 bulan,,tapi keluar darah kecoklatan,,,apakah itu tanda keguguran?

Leave a Reply