berbagi pengalaman hamil dan melahirkan

Semoga bermanfaat untuk calon ibu maupun ibu muda lainnya..

HAMIL

Tanda-tanda kehamilan :
Tidak menstruasi pada tanggal yang biasanya menstruasi, biasanya telat hingga berminggu minggu, tidak ada salahnya mencoba tes kehamilan dengan test pack yang murah meriah, harganya berkisar Rp.3000 an tersedia di apotik2. Saya sendiri sering dimarahi suami karena keseringan coba-coba tes (hehe) tak apa kok asalkan hati senang. Dan pasti tambah senang jika hasil tes pada kertas tes bergaris dua berwarna merah muda..banyak2lah bersyukur..lalu sampaikan pada suami kejutan tersebut..sapa tau dapet hadiah dari suami 🙂

Hamil bulan 1 – 3 :
Disebut juga trisemester pertama, ini adalah usia yang rawan bagi ibu hamil dan bayinya. Mual dan muntah sangat besar kemungkinan terjadi pada usia kehamilan ini. Bisa terjadi pada pagi hari, atau bisa juga pada malam hari seperti saya, mual dan muntah justru pada malam hari setelah pulang kerja. Atasi dengan segera, jika anda ke dokter biasanya diberi obat mual, namun coba atasi dengan beberapa saran di artikel “mual muntah saat hamil” itu bisa juga dicoba karena yang terpenting pada usia kehamilan ini, makanan harus masuk. Jangan sampai calon ibu kekurangan nutrisi. Karena otak janin dan tulang belakang sedang berkembang. Jika terlanjur muntah, minumlah air hangat campur madu. Minum teh manis jangan terlalu banyak karena teh bisa mengikat garam dalam tubuh sehingga pada bagian tertentu tubuh bisa terjadi pembengkakan.

Hamil bulan 4 – 6 :
Disebut juga trisemester kedua, umumnya rasa mual mulai berkurang, berat badan meningkat cepat. Pada bulan ke-4 akan mulai terasa gerakan janin. Tubuh sudah mulai bersemangat dibanding dengan trisemester pertama tubuh sudah mulai beradaptasi dengan perubahan hormonal yang terjadi. Ngidam umumnya terjadi di masa ini. Menurut beberapa literatur yang pernah saya baca, ngidam makanan tertentu dapat diartikan bahwa tubuh kekurangan zat-zat tertentu yang kemudian di dorong dengan keinginnan memakan makanan tertentu. Namun ngidam yang aneh-aneh dan berlebihan kemungkinan dapat disebabkan ingin menarik perhatian suami..heheh makanya para suami ayolah obral kasih sayang untuk istrinya dimasa ini.

Hamil bulan 7 – 9 :
Disebut juga trisemester ketiga, rasa lelah pada trisemester pertama kembali terulang di trisemester ketiga ini, terutama untuk para ibu pekerja. Lelah disebabkan beban tubuh semakin tinggi karena janin berkembang sangat pesat dan mendorong tubuh kedepan, sehingga gaya berjalan ibu disarankan untuk menarik bahu agak kebelakang dan punggung diluruskan, menurut suamiku seperti gaya jalan pragawati..disarankan pada usia ini bagi yang memiliki waktu luang untuk mengikuti senam hamil, dimomen ini nanti ibu bisa bertemu dengan banyak calon ibu lainnya untuk berbagi pengalaman, tips, maupun konsultasi dengan bidan yang membimbing senam hamil. Ada acara makan snack dan minum susu juga lho..saya ikut di rsia hermina dengan biaya rp. 15.000/kedatangan. Ikut senam setiap sabtu pagi diantar suami. Di sana juga diajarkan latihan mengejan nanti untuk kelancaran persalinan. Sungguh banyak kegunaannya..terutama bagi calon ibu yang akan deliver anak pertama seperti saya.. Oya, perbanyak duduk bersila di usia ini ya..agar gravitasi bumi bisa menempatkan posisi bagian terberat janin yaitu kepala janin menempati panggul ibu.

MELAHIRKAN

Saat yang tak akan terduga kapan datangnya.. Jika sudah mencapai usia bulan ke-9 pasti akan ada orang bertanya “kapan dugaan waktu lahirnya?” hehe..sabar aja. Kelahiran bayi saya maju dua minggu dari waktu estimasi dokter. Tanggal 1 july 2005. Padahal waktu estimasi adalah 14 july 2005. Tanda-tanda akan melahirkan pada setiap calon ibu berbeda-beda. Saya diawali dengan lendir berwarna merah segar tanpa mulas. Lalu beberapa jam kemudian terjadi mulas-mulas yang tidak beraturan jarak antar mulas dengan jeda sekitar 30 menit. Mulasnya tidak lama cuma 1 menitan. Lalu mulailah mulas semakin dekat waktunya bisa mencapai 15 menitan dan lendir tambah banyak. Segeralah ke tempat melahirkan, saya memilih di rsia hermina bogor. Alhamdulillah tiba di rumah sakit sekitar jam 15.00 saya melahirkan jam 21.05. Meskipun saya di induksi jam 18.00. Di induksi yaitu diberikan cairan penambah rasa mulas dan diberikan beserta cairan lainnnya dalam infusan kepada calon ibu. Akibat induksi tersebut, rasa mulas yang datang sangat kuat sehingga bukaan bisa lebih cepat. Yang dimaksud bukaan adalah ukuran jari yang dimasukkan ketika periksa jalan lahir. Dua jari artinya 2 cm dan seterusnya.

Saya mengingat yang terpenting dalam proses melahirkan :
1. Mensyukuri datangnya mulas..justru rasa mulas lah yang dicari. Karena rasa mulas datang dari rahim yang kontraksi berusaha mengeluarkan bayi. Setiap mulas datang saya ucapkan alhamdulillah..
2. Jangan menahan rasa mulas, justru ketika datang mulas rasakan dengan santai dan relakskan panggul sehingga jalan lahir menjadi mudah terbuka.
3. Jangan mengangkat panggul ketika sedang mulas ataupun nanti pas melahirkan, justru di bawa menempel ke tempat melahirkan sesuai gravitasi bumi.
4. Mengejan ketika di perintah oleh bidan atau dokter yang membantu persalinan kita. Karena beliau yang bisa melihat bukaan jalan lahir.
5. Konsentrasi dan tenang. Karena diajarkan di senam hamil, saya bisa mengatur napas dan tidak lupa untuk melakukan posisi melahirkan yang diajarkan. Justru ketika mengejan kita tidak boleh bernapas agar ngejannya kuat. Senam hamil? Kenapa tidak?

Dan bagi ibu yang mendapati jahitan pada jalan lahirnya atau jahitan perineum (episiotomi) setelah melahirkan, mintalah obat pelunak feses jika mengalami konstipasi (sulit BAB) dalam dua minggu awal setelah melahirkan, cek up kembali ke dokter kandungan. Jahitan akan menyatu dengan daging kembali dalam 5-7 hari, dan insyaAllah sempurna setelah 2 minggu setelah melahirkan. Lebih amannya, dapat kembali normal setelah 40 hari setelah melahirkan. Jaga bagian jahitan agar selalu kering (keringkan dengan tissu setelah kena air), dan jangan segan ganti pembalut bila terlalu lembab (bisa menyebabkan gatal).

Persiapan dibawa kerumah sakit ketika melahirkan :
Untuk ibu :
Baju berkancing depan untuk 3 hari
Rok nyaman
Pakaian dalam
Sisir dan alat kecantikan ibu (supaya ibu tidak bau :))
Sendal nyaman
Pembalut
Kain untuk ibu
Alat mandi ( biasanya sudah disediakan oleh rumah sakit : sabun, odol, sikat gigi,handuk kecil)

Untuk bayi :
Sepasang baju bayi
Sepasang sarung tangan
Sepasang sarung kaki
Kain bedongan
Selimut hangat untuk bayi
Pampers new born
Semua peralatan bayi ini dipakai ketika bayi akan dibawa pulang.
( biasanya pakaian dan peralatan bayi selama menginap sudah disediakan oleh rumah sakit, jadi ibu hanya diminta menyediakan perlengkapan untuk bayi pada hari bayi akan dibawa pulang saja)

Perlengkapan bayi yang dapat dipersiapkan ketika untuk di rumah :
Baju ukuran s : 2 lusin
Celana ukuran s : 2 lusin
Box bayi dengan kelambu
5 ps sarung tangan atau lebih
5 ps sarung kaki atau lebih
Selimut hangat
Diapers new born
Topi hangat
Alat mandi : sabun top to toe, handuk, wash lap, bak mandi
Lainnya : minyak telon, bedak, baby oil.

Satu hal lagi jangan lupa ada kamera…untuk mengabadikan kejadian luar biasa yang terjadi dalam hidup..

baca juga :
kehamilan (1)
kehamilan (2)
Pasca melahirkan beberapa hal yang harus jadi perhatian

MELAHIRKAN GENTLE BIRTH

TwitterGoogle+WhatsAppBookmark/Favorites