Bogor dan Bangkitnya Semangat

Rumah orangtua saya sangat dekat dengan sebuah mushola. Setiap lima waktu dalam sehari adzan yang berkumandang disana menjadi pengingat sholat kami sekeluarga, ayah saya rajin berjamaah dan sering juga ber adzan jika datang lebih awal dari sesepuh yang lain. Suara adzan disana menemani masa remaja, saya rasakan kedamaian dan rasa nyaman mengingat bahwa Allah selalu memanggil untuk bisa menghadapNya langsung dan berkomunikasi denganNya. Meringankan berbagai beban masa remaja yang aduhai kadang pelik dan rumit hehe atau dibuat rumit sendiri sih sebenarnya.

Khusus setiap shubuh, adzan yang berkumandang bisa jadi alarm untuk bangun. Sangat bersyukur rasanya kamar tidur saya yang persis sebelahnya, gak perlu lagi punya jam weker untuk bangunkan shubuh atau waktu lainnya. Sehingga alhamdulillah dulu sih kalau sedang di rumah jadi rajin sholat awal waktu.

Setelah menikah, seringkali berpindah rumah. Hingga kini menetap di Bintaro. Tidak ada satupun lokasinya dekat mushola ataupun mesjid, apalagi persis bersebelahan dekat saja tidak. Maka sempat merasakan ada yang hilang.

Hingga setelah sering berkunjung ke rumah orangtua. Lalu menginap beberapa malam. Baru tersadar. Inilah yang hilang itu. Suara adzan disebelah kamar tidur.

Seperti malam ini. Terbangun pukul 3.00 lalu tahajud bermunajat padaNya. Menyampaikan keluh kesah, mendoakan anak2 dan keluarga. Lalu disambut oleh suara dzikir dan adzan shubuh dari mushola sebelah. masyaAllah nikmatnya membangkitkan semangat kembali. dalam menghadapi hidup yang seringkali melelahkan dan melalaikan.

Jika Allah berkenan. Ingin sekali kelak memiliki rumah persis seperti rumah orangtua ini. Namun bila tidak, maka membangun mushola dalam rumah dengan adzan yang berkumandang dari para anak lelaki saya pun insyaAllah bisa. Tidak ingin lagi lalai dari mengingatNya. Tidak ingin menjauh dari kedamaian dan rasa nyaman dihati yang hakiki. Selama ini Allah sudah sangat menyayangi. namun lalai hati seringkali menutupi..

astaghfirullah.
alhamdulillah.

TwitterGoogle+WhatsAppBookmark/Favorites