Mual Muntah saat Hamil

Mual muntah biasanya terjadi pada pagi hari atau malam hari, sangat jarang terjadi siang hari. Mengapa terjadi demikian? Dari beberapa artikel yang saya baca mengatakan bahwa kejadian ini normal terjadi pada ibu hamil trisemester pertama, umum dinamakan morning sickness. Namun dari pengalaman yang saya rasakan, penyebab mual saat hamil adalah sangat simple, karena gas dan atau asam lambung tinggi dalam perut. Gas dan atau asam lambung tersebut bisa menimbulkan sensasi pusing, mual, terkadang muntah.

Sering terjadi pada pagi atau malam hari karena perubahan cuaca yang cukup tajam, ibu hamil rentan terkena cuaca dingin, mudah masuk angin sehingga mengalami perut kembung. Juga faktor lain adalah karena pada waktu tertentu asam lambung akan meningkat, pagi dan malam hari ketika perut kosong. Asam lambung juga akan tinggi bila ibu memakan makanan yang tidak sehat misalnya jajanan kotor, alangkah baiknya kemudian makanan kurang baik tersebut bisa dimuntahkan, asam lambung tinggi salah satu perlindungan tubuh melindungi janin dan kehamilan ibu.

Subhanallah, tubuh manusia memiliki sistem perlindungan tubuh yang luar biasa. Mual dan muntah pada ibu hamil adalah salah satunya, sebuah indikator untuk sang ibu menjaga kehamilan dengan baik. Maka jika anda tengah menghadapinya pada saat ini, segera atasi mual tersebut agar tubuh tetap sehat menjalani kehamilan, jangan abaikan indikasi ini jika mulai melanda. Jangan kebanyakan galau 🙂

Bagaimana mengatasinya? Lakukan beberapa hal berikut ini:

1. Gunakan kaus kaki agar telapak kaki hangat ketika mual melanda, juga jangan lupa setiap hendak tidur malam (ibu saya pernah berkata angin masuk lewat telapak kaki, saya menurut saja meski secara ilmiah mungkin belum terbukti) – bahkan didalam dan luar rumah saya pun menggunakan kaus kaki pada trisemester pertama, agar tubuh hangat.

2. Minum minuman jahe hangat. Caranya: iris jahe, masak gula merah yg dicampur air, masukkan jahe. Minuman jahe ini insyaallah dapat mengurangi mual.

3. Pakai baju hangat agar perut tidak dingin (ketika mual coba raba bagian perut biasanya agak dingin). Kadangkala saya mengenakan 3 lapis pakaian agar tubuh betul2 hangat dan nyaman.

4. Coba diingat2, sudahkan buang air besar hari ini? BAB harus rutin setiap hari.

5. Dan ketika usaha mengurangi mualnya mulai sukses, segera paksakan makan dalam porsi sedikit namun sering (agar gas atau angin segera keluar dari perut juga asam lambung tidak naik)

Mudah2an kemudian ibu hamil yang sedang mual itu tidak jadi muntah namun akan bersendawa atau dalam bahasa sundanya teurab bahkan juga bisa kentut. Setelah itu betapa perut kembali nyaman. Namun seperti ditulis diatas, jika karena telah memakan makanan yg kotor atau penuh bahan pengawet atau msg lalu ibu mual maka jangan menahan untuk memuntahkan kembali makanan tersebut, lebih baik dimuntahkan untuk kesehatan ibu.

Nah dicoba deh, insyaallah tubuh segar. Jangan sedikit2 ke dokter untuk masalah kecil dalam kehamilan. Dan hindari stress
(stress juga bisa meningkatkan produksi asam lambung). Bawa santai, enjoy, hepi, insyaallah semua akan berlalu cepat.

TwitterGoogle+WhatsAppBookmark/Favorites