Regulasi baru Indonesia, Mulai 2011 Barang Bawaan Dikenai Bea Impor

Kaget, pagi ini baca di media indonesia online ada berita tentang regulasi baru di Indonesia. Mulai 2011, Barang Bawaan Dikenai Bea Impor, berlaku atas barang yang dibawa penumpang, awak sarana angkutan, dan pelintas batas, serta barang kiriman. Mengenai batasan jumlah barang yang tidak dikenakan bea impor adalah $1000 per keluarga atau $250 per orang.

Bisa dibayangkan, jika ada keluarga yang membawa satu notebook dan satu kamera, akan dikenai bea import! Dan boleh tahu berapa rupiah yang mesti dibayarkan?? Lagi-lagi ketidak jelasan regulasi baru ini mengenai berapa bea import yang dimaksud kembali membuat masyarakat kebingungan.

Cobalah pemerintah lebih mensosialisasikan setiap regulasi baru yang di keluarkan.. lengkap dengan list jumlah biaya yang dibebankan setiap over limit bawaan. Meski kepala ini masih pusiiing dengan regulasi baru dan mencoba untuk mengerti maksud dan tujuan dari kepala para pemerintah, namun mau tidak mau kami mesti taat peraturan dan lagi lagi tanpa bisa demo menolaknya..

Prasangka baik kami tentunya niat baik pemerintah untuk melindungi produk dalam negeri, sumber kas negara dan peningkatan kesejahteraan rakyatnya betul betul betul?? Kami tidak ada prasangka buruk bahwa uang2 pajak itu akan di korupsi nantinya!! Kami sadar bahwa bila ada berita korupsi uang pajak, pasti adalah oknum, betul?! dan memang yang menjadi oknumnya banyak sekali?!! Dan sudah bukan rahasia lagi bahwa hukum kurang tegas terhadap para koruptor pajak!

Kembali bea import, terus terang memberatkan sekali untuk kami memilah milih barang bawaan jika pulang ke Bumi tercinta Indonesia, selain kami ingin membawa kamera kesayangan (yang baru dibeli dengan cicilan kartu kredit) karena ingin mengabadikan moment2 indah di tanah air, juga ingin membawa notebook agar masih bisa membawa kantor bersama kami kemana pun kami pergi. Kami bekerja mengumpulkan uang pun agar dapat kembali pulang ke tanah air dan membelanjakan banyak uang kami disana.

Baca tentang regulasi baru bea import disini dan mungkin berita tersebut akan hilang dalam timbunan berita gossip korupsi, gay*s, atau artis yang selingkuh. Dan menjadi shock sesaat.

TwitterGoogle+WhatsAppBookmark/Favorites