cabut gigi geraham bungsu

Nov 19 2009

Hampir satu bulan yang lalu saya cabut gigi geraham bungsu di pojok kanan atas..

Sebelum dicabut saya bertanya banyak hal kepada dokter gigi. Antara lain apakah ada resiko pencabutan? bagaimana perawatan pasca cabut? dan lain-lain. Sebelumnya juga sudah searching2 di internet mengenai resiko dan sebagainya. Dan memang ada resiko yang harus dijalani apalagi bila sang gigi disahkan harus di cabut dengan cara operasi kecil karena artinya ada pelukaan yang dilakukan oleh alat bukan secara alami pencabutan gigi biasa.

Alhamdulillah gigi geraham bungsu saya yang memang sudah keropos dan bikin gusi dan gigi2 sebelahnya ikut linu dan nyut nyutan dinyatakan harus dicabut namun dengan pencabutan gigi biasa, menggunakan tang. Sebelum dicabut seminggu sebelumnya pun diberi obat penghilang sakit dan antibiotik, dan dilaksanakan minggu berikutnya setelah rasa sakit hilang.

Ketika dicabut tidak terasa sakit, karena dokter memberikan dua kali suntikan pada gusi depan dan belakang gigi yang akan dicabut. Setelah dicabut ada kain kasa yang harus digigit untuk mengurangi pendarahan.

Perhatikan betul perawatan pasca cabut gigi. Karena jika tidak dirawat dengan betul, bisa terjadi open socket (lubang pada gusi) karena gusi belum menutup sempurna. Atau juga terjadi pendarahan terus menerus karena ketika gusi masih mengalami luka anda tidak merawatnya.

Saat ini gigi dan gusi pasca cabut gigi sudah berselang hampir 30 hari baru bisa merasakan kenyamanan sikat gigi dan makan kembali dengan baik. Sebelumnya gusi bisa dikatakan dalam masa pemulihan, masih linu dan jika sikat gigi masih ada darah keluar (walaupun dengan sikat halus).

Perawatan pasca cabut gigi berdasarkan pengalaman pribadi:
1. istirahat yang cukup, karena syaraf gigi tengah memulihkan kondisinya, syaraf gigi dan tubuh anda perlu istirahat.
2. tekan secara lunak kain kasa yang diberi dokter. ganti setiap 30 menit setelah cabut gigi hingga darah berhenti. Pada malam hari tidak perlu ganti kain kasa jika tidak diperlukan.
3. bersabar selama kurang lebih 3 hari (umumnya secara normal darah berhenti dalam satu hari) namun bisa kemungkinan darah berhenti di hari kedua atau ketiga.
4. jangan gunakan untuk makan. gunakan sisi satu lagi, jika dicabut dikiri, gunakan sisi kanan untuk makan.
5. makan bubur/makanan lunak dihari pertama, agar mulut tidak mengunyah terlalu kuat.
6. ketika gusi masih berdarah jangan minum dengan sedotan, karena dapat menekan luka, minum seperti biasa saja dengan hati2.
7. selama kurang lebih 3 hari jangan minum atau makan makanan minuman terlalu panas, karena gusi masih luka, minum dingin lebih baik.
8. jangan berkumur dulu disisi pencabutan gigi, agar darah kembali menggenangi gusi yang terbuka, jika berkumur bisa menyebabkan luka kembali terbuka.
9. jangan menyikat gigi disisi pencabutan gigi. gunakan kapas lembut untuk membersihkan gigi2 lain disekitar sisi pencabutan gigi.
10. setelah gusi sudah terasa baik pada sisi pencabutan gigi, bersikat gigilah menggunakan sikat halus agar tidak melukai gusi.

Incoming search terms:

  • bahaya tidak cabut gigi 2 dalam sebulan
  • setelah cabut gigi bungsu gusi terbuka
  • apa boleh cabut gigi malam hari
  • Proses menutupnya gusi setelah gigi dicabut
  • perlu waktu berapa lama agar gusi normal setelah cabut gigi geraham
TwitterGoogle+WhatsAppBookmark/Favorites

You might also like

SIKAT LIDAH ketika sikat gigi Pernah mengalami sakit? pasti pernah .. semua manusia di muka bumi ini pasti pernah sakit. Dan pernahkah...
obatilah dengan baik dan jelas pengobatannya.. Beberapa hari yang lalu saya mendengar kabar seorang kawan meninggal dunia. Sangat berkabung setelah...
Dua bulan yl dan sekarang Dua bulan yang lalu Membosankan untuk anakku yang cantik. Kakinya harus di gips selama 3 minggu...
MPEG3 Creative ZEN NEEON 2 MPEG3 Creative ZEN NEEON 2 Sebulan lalu saya membeli Mpeg3 Creative ZEN NEEON 2 di Mangga Dua Plaza....
Grab This Widget

10 responses so far

  • Margareth says:

    Thanks atas Infonya :)

  • Achmad Tofany says:

    Saya juga habis cabut gigi bungsu, trus makanan sering nyelip ke gusinya… kata dokternya klo udah sebulan gusi nya kembali normal (tidak cekung seperti sumur lagi), jadi makanan tidak nyangkut lagi.

    Benar tidak?

    Terima Kasih.

    • Dini Susanti says:

      memang betul pak, setelah sebulan insyaallah gusi akan normal lagi, maka perhatikan perawatan yang baik seperti pengalaman yang saya tulis diatas, seperti tidak berkumur dulu, tdk minum makan yg panas dan tdk menyikat terlalu keras dlm masa pemulihan agar tdk terjadi open socket (lubang yg tidak menutup pada gusi)

  • dhani says:

    Saya habis cabut gigi geraham bungsu tgl 25 Mei 2011, mmg saat proses pencabutan dng operasi tdk sakit sama sekali dan di suntik nya pun tdk sakit. Tp pasca obat baalnya sdh hilanh dan obat penahan sakit nya hilang sakit sekali rasanya. smp sy ga berani makan. Kasa yg hrs digigit saya ganti setelah 1 jam waktu itu. Krn oprasi saya dijahit 1 jahitan. Alhamdulillah esok paginya sdh ga sakit tp mmg agak bengkak. Kata dokter mmg spt itu.
    Paginya Sy tetap sikatan di bag sisi yg tdk dcabut.
    dan mmg sebelum operasi gigi bungsu saya banyak membaca pengalaman orang2 yang dioperasi gigi geraham bungsunya.
    Makanya saya sangat hati2 sekali.

  • Indri says:

    kurang lebih 10 hari saya cabut gigi geraham kiri bawah dan kemungkinan saat proses pencabutan ada daging gusi bagian dalam yang luka dan sampai saat ini belum bisa disentuh bahkan makanan lunak sekalipun. Dan setelah proses cabut gigi memang saya banyak aktifitas bahkan keluar kota sehingga kurang istrahat dan efeknya saya merasakan sedikit lemot sampai saya berfikir apakah krn proses cabut gigi mengakibatkan syaraf saya ada yang terputus. kira2 luka gusi ini bisa sembuh dan kapan setelah cabut gigi yah?

    atas jawaban dan comment dari semua, saya ucapkan terima kasih

    salam

  • vian says:

    mau tanya bentuk gigi nya gmn , yang g harus operasi ?? gigi geraham bungsu saya mulai sakit, tp gigi nya sdh sedikit menonjol di atas gusi. msh harus pakai operasi g ya??

  • herwan says:

    saat ini baru satu hari setelah saya melakukan pencabutan gigi geraham bungsu kanan atas.
    kemarin setelah pencabutan, darah gak berhenti keluar sampai pagi ini.
    demam menyelimuti dari malam hingga saat saya menulis koment ini…
    menurut anda antibiotik jenis apa yang paling bagus untuk dikonsumsi saat ini ?
    saat ini saya mengkonsumsi amoxilin dan parasetamol untuk mengendalikan demamnya.

  • Sinta says:

    Dok, gigi geraham atas saya sebelumnya sudah ditambal karena gigi saya bolong. tapi setelah 5 thn gigi tersebut keropos. ada efek sampinya kemata atau saraf lain nggax kalo di cabut??
    Makasi sebelumnya.

  • Mujiati says:

    Dok gigi geraham saya yg kanan atas pojok sakit.udah sebulanan ini gak sembuh2.kmrn saya ke dokter gigi,katanya udah parah harus d.cbut. Trz saya d.ksh obat,ntar 3hr lg d.suruh ke sana,katany mau d.cabut gigi2ny. Tp saya takut dok. Ada yg blang kalau gigi atas tdk bleh d.cabut bsa merugikan mata. Saya jd takut dok,soal ny saya kan mcih umur 25 thn,masih byk yg saya lakukan. Tp kalau gak d.cabut sakit ny udah luar biasa bgpet dok. Bener gak sih dok bsa berakibat fatal bgi mata. Tp kata dokter ny gak pa2,gak ngaruh.tp saya msih takut dok.

Leave a Reply