cabut gigi geraham bungsu

Hampir satu bulan yang lalu saya cabut gigi geraham bungsu di pojok kanan atas..

Sebelum dicabut saya bertanya banyak hal kepada dokter gigi. Antara lain apakah ada resiko pencabutan? bagaimana perawatan pasca cabut? dan lain-lain. Sebelumnya juga sudah searching2 di internet mengenai resiko dan sebagainya. Dan memang ada resiko yang harus dijalani apalagi bila sang gigi disahkan harus di cabut dengan cara operasi kecil karena artinya ada pelukaan yang dilakukan oleh alat bukan secara alami pencabutan gigi biasa.

Alhamdulillah gigi geraham bungsu saya yang memang sudah keropos dan bikin gusi dan gigi2 sebelahnya ikut linu dan nyut nyutan dinyatakan harus dicabut namun dengan pencabutan gigi biasa, menggunakan tang. Sebelum dicabut seminggu sebelumnya pun diberi obat penghilang sakit dan antibiotik, dan dilaksanakan minggu berikutnya setelah rasa sakit hilang.

Ketika dicabut tidak terasa sakit, karena dokter memberikan dua kali suntikan pada gusi depan dan belakang gigi yang akan dicabut. Setelah dicabut ada kain kasa yang harus digigit untuk mengurangi pendarahan.

Perhatikan betul perawatan pasca cabut gigi. Karena jika tidak dirawat dengan betul, bisa terjadi open socket (lubang pada gusi) karena gusi belum menutup sempurna. Atau juga terjadi pendarahan terus menerus karena ketika gusi masih mengalami luka anda tidak merawatnya.

Saat ini gigi dan gusi pasca cabut gigi sudah berselang hampir 30 hari baru bisa merasakan kenyamanan sikat gigi dan makan kembali dengan baik. Sebelumnya gusi bisa dikatakan dalam masa pemulihan, masih linu dan jika sikat gigi masih ada darah keluar (walaupun dengan sikat halus).

Perawatan pasca cabut gigi berdasarkan pengalaman pribadi:
1. istirahat yang cukup, karena syaraf gigi tengah memulihkan kondisinya, syaraf gigi dan tubuh anda perlu istirahat.
2. tekan secara lunak kain kasa yang diberi dokter. ganti setiap 30 menit setelah cabut gigi hingga darah berhenti. Pada malam hari tidak perlu ganti kain kasa jika tidak diperlukan.
3. bersabar selama kurang lebih 3 hari (umumnya secara normal darah berhenti dalam satu hari) namun bisa kemungkinan darah berhenti di hari kedua atau ketiga.
4. jangan gunakan untuk makan. gunakan sisi satu lagi, jika dicabut dikiri, gunakan sisi kanan untuk makan.
5. makan bubur/makanan lunak dihari pertama, agar mulut tidak mengunyah terlalu kuat.
6. ketika gusi masih berdarah jangan minum dengan sedotan, karena dapat menekan luka, minum seperti biasa saja dengan hati2.
7. selama kurang lebih 3 hari jangan minum atau makan makanan minuman terlalu panas, karena gusi masih luka, minum dingin lebih baik.
8. jangan berkumur dulu disisi pencabutan gigi, agar darah kembali menggenangi gusi yang terbuka, jika berkumur bisa menyebabkan luka kembali terbuka.
9. jangan menyikat gigi disisi pencabutan gigi. gunakan kapas lembut untuk membersihkan gigi2 lain disekitar sisi pencabutan gigi.
10. setelah gusi sudah terasa baik pada sisi pencabutan gigi, bersikat gigilah menggunakan sikat halus agar tidak melukai gusi.

TwitterGoogle+WhatsAppBookmark/Favorites