Jahitan perineum dibuka dan dijahit lagi?

Sempet jadi pikiran dua minggu yang lalu,
setelah kejadian constipasi (sulit buang air besar) dan melakukan ngeden yang cukup kuat, padahal jahitan di perineum (episiotomi) terasa belum menutup sempurna, kepikiran dan rasa cemas muncul.
Apalagi setelah ngeden BAB sempat terjadi sedikit cairan nifas atau entah bukan (karena cemas tadi jadi mikir yang engga2) dalam volume yang lebih banyak dari biasanya.

Lalu kami meluncur ke Ampang Specialist Hospital untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Saya ditangani oleh bagian emergency karena kami kesana malam hari, bagian spesialis kandungan ga available. Seorang dokter jaga melakukan pemeriksaan dan menyatakan bahwa saya tidak mengalami pendarahan. Fiuh syukur alhamdulillah, namun beliau menyarankan kami untuk visit kembali dokter kandungan yang membantu persalinan kemarin agar dicek menyeluruh. Beliau memberikan obat pelunak feses dengan merk Duphalac, obat yang aman dikonsumsi ibu hamil dan menyusui, bahkan dalam jangka panjang sekalipun dan bisa dibeli di farmasi jika sudah habis. Kami pulang ke apartemen larut malam, setelah proses menunggu yang lamaaa banget di emergency, saat itu banyak orang yang lebih mendapat skala prioritas penanganan.

Keesokan harinya kami visit dokter kandungan, namun bukan dokter kandungan yang membantu persalinan kemarin :D. Agak malu untuk mengunjungi beliau lagi (Dr Bee) karena beliau dokter laki-laki (dokter jaga di hari raya yang available karena saya pecah ketuban saat itu), juga saat itu Dr Ariza yang setiap bulan kami visit sedang tidak available. Finally kami visit seorang dokter wanita di pantai cheras hospital, Dr Suriati Akmal. Dokter yang sangat ramah, beliau menjawab semua pertanyaan kami. Beliau melakukan pemeriksaan dan meyakinkan kami bahwa jahitan perineum saya tidak ada problem, fiuh alhamdulillah..:D seketika seluruh rasa cemas menguap dan syaraf2 yang tegang kembali mengendur.

Saran saya untuk ibu yang mendapat jahitan perineum (episiotomi) setelah melahirkan, mintalah obat pelunak feses jika mengalami konstipasi (sulit BAB) dalam dua minggu awal setelah melahirkan, cek up kembali ke dokter kandungan anda. Jahitan akan menyatu dengan daging kembali dalam 5-7 hari, dan insyaAllah sempurna setelah 2 minggu setelah melahirkan. Lebih amannya, dapat kembali normal setelah 40 hari setelah melahirkan. Jaga bagian jahitan agar selalu kering (keringkan dengan tissu setelah kena air), dan jangan segan ganti pembalut bila terlalu lembab (bisa menyebabkan gatal).

TwitterGoogle+WhatsAppBookmark/Favorites