Kehamilan (1)

Apakah tanda-tanda hamil muda?
Tanda-tanda hamil muda adalah:
• Tidak haid paling sedikit 2 bulan berturut2
• Timbul rasa mual, muntah2 dan pusing terutama pada pagi hari, sehingga tidak ada nafsu makan. Tanda-tanda ini biasanya hilang sendiri setelah kehamilan berumur 3 bulan.
• Kadang-kadang ibu mengidam atau menginginkan makanan yang jarang atau tidak pernah dimakannya.

Kalau ada tanda-tanda tersebut apa yang pelu dilakukan?
Ibu sebaiknya segera memeriksakan diri ke bidan atau dokter untuk memastikan kehamilannya dan meminta nasehat mengenai kehamilannya dan meminta nasehat mengenai apa yang perlu dilakukan selanjutnya.

Apa perubahan perasaan yang mungkin timbul selama hamil?
Setiap ibu yang sedang hamil mungkin mengalami perubahan suasana hati tanpa sebab yang jelas, misalnya gembira, lalu tiba-tiba sedih atau marah. Hal ini disebabkan karena kehamilannya. Sebaiknya hal ini dipahami oleh suami atau orang terdekat lainnya, agar mereka dapat membantu.

Bagaimana mengatasi rasa lelah yang mungkin timbul pada waktu hamil?
Dalam dua atau tiga bulan pertama kehamilan, biasanya timbul rasa lelah, mengantuk yang berlebihan dan pusing, yang biasanya terjadi pada sore hari. Untuk menguranginya, ibu dianjurkan tidur cukup, sekurang-kurangnya 8 jam pada malam hari, dan sedapat mungkin tidur siang paling sedikit 1 jam.
! Bila terjadi rasa lelah berlebihan, periksakan diri pada dokter atau bidan.

Bagaimana mengurangi rasa tidak enak badan yang sering dirasakan pada waktu bangun pagi?
Ibu dianjurkan untuk:
• Bangun dari tempat tidur pelan-pelan, lebih dahulu duduk sebelum berdiri
• Mengurangi makan makanan berlemak
• Makan dalam porsi yang lebih kecil, tetapi sering

Apa yang dilakukan bila timbul rasa tidak enak pada uluhati?
Rasa tidak enak atau rasa seperti terbakar di dada bagian bawah atau perut bagian atas (uluhati) dapat disebabkan oleh aliran balik asam lambung ke kekerongkongan, karena janin yang makin besar mendesak lambung ke atas. Perasaan ini muncul jika ibu bersendawa (mengeluarkan udara dari kerongkongan) atau membungkuk terlalu cepat sesudah makan. Untuk mengatasinya ibu dianjurkan :
• Makan makanan yang tidak banyak bumbu
• Makan papaya atau minum susu
• Makan dalam porsi kecil tetapi sering
• Hindari makan makanan yang berlemak atau yang mengandung gas, misalnya tapai atau kol

Bagaimana mengurangi rasa mual dan ingin muntah?
Rasa mual dan ingin muntah biasanya terjadi pada awal kehamilan dan tidak melebihi bulan ketiga. Keadaan ini tidak perlu dikhawatirkan, kecuali kalau memang cukup berat, hingga tak dapat makan dan berat badan menurun terus, maka perlu dirawat di rumah sakit.

Apa yang dilakukan bila sulit buang air besar (sembelit)?
Keadaan ini banyak diderita oleh ibu hamil yang kurang aktif, kurang minum, kurang makanan berserat. Sembelit juga disebabkan oleh wasir dan pada kehamilan tua, karena bayi menekan usus besar ibu. Sembelit dapat dicegah antara lain dengan cara:
Makan makanan berserat seperti sayur, buah-buahan, biji-bijian dan kacang kacangan.
Minum banyak air, agar buang air besar teratur
Jalan-jalan setiap hari dan tetap melakukan kegiatan sehari-hari lainnya, dengan menghindari pekerjaan yang melelahkan.
!INGAT jangan sekali-kali minum obat pencahar (urus urus)

Perubahan apa yang mungkin timbul pada kaki?
a. bengkak di kaki dan pergelangan kaki. Ini merupakan hal yang biasa pada ibu hamil, karena adanya sedikit penimbunan air. Bengkak akan hilang dengan sendirinya bila ibu hamil beristirahat selama 1-2 hari dengan kaki diangkat atau ditinggikan. Bila bengkak hebat, menetap, semakin berat, atau terjadi pada tangan dan wajah, perlu segera ke dokter memeriksakan diri.
b. Keram di kaki. Keram adalah kejang otot mendadak, yang akan hilang sesudah beberapa saat. Keram di kaki sering terjadi pada malam hari pada kehamilan tua. Pemyebabnya kemungkinan adalah kurang vitamin pada ibu hamil. Untuk mengatasinya ibu dianjurkan:
• Meluruskan tungkai
• Berbaring dan membengkokkan ujung kaki kearah lutut.
• Memberikan kompres hangat pada bagian yang kejang

Bagaimana bila timbul wasir pada waktu hamil?
Wasir adalah pelebaran pembuluh darah di dubur. Keadaan akan menjadi lebih berat bila disertai sembelit. Bila telah terjadi wasir, ibu perlu segera memeriksakan diri ke puskesmas atau ke dokter.

Apa yang perlu diperhatikan bila timbul keputihan?
Alat kelamin wanita biasanya selalu agak basah atau lembab dan akan menjadi lebih basah selama hamil. Kalaiu hal ini berlebihan apalagi disertai keluarnya cairan berwarna putih kekuningan dari alat kelamin, menimbulkan rasa gatal atau berbau, perlu segera diperiksakan ke dokter.

Apakah yang dimaksud dengan varises dan bagaimana cara mengatasinya?
Menjelang akhir kehamilan, janin yang sudah besar menekan pembuluh darah ibu yang dating dari kaki. Akibatnya pembuluh darah terbendung dan melebar yang memberikan gambaran seperti ranting pohon dengan warna kebiruan dibawah kulit betis, yang disebut varises. Untuk mengurangi varises, ibu dianjurkan:
• Memakai pakaian longgar selama kehamilan tua
• Meninggikan letak kaki bila berbaring, misalnya dengan menempatkan bantal di bawah kaki
• Sering-sering berganti posisi, bila berdiri menghindari berdiri terlalu lama, atau berdiri diselingi dengan berjalan ringan dan duduk.

Bagaimana dengan tanda peregangan di kulit?
Berat badan bertambah dengan cepat selama hamil sehingga biasanya kulit meregang. Tanda peregangan ini berupa garis yang bercabang berwarna putih keabu-abuan, biasanya tampak di perut, buah dada, paha dan bokong. Tanda ini akan berkurang sesudah melahirkan, namun tidak bisa hilang sama sekali. Kadang-kadang peregangan kulit ini disertai rasa gatal, yang dapat dikurangi dengan mengoleskan krem pelembab atau vaselin, yang dapat dibeli di toko obat atau apotik.

Mengapa sering timbul sakit pinggang pada ibu hamil tua?
Ibu hamil sering merasakan sakit pinggang yang biasanya dirasakan setelah hamil tua. Hail ini karena janin yang telah besar menekan otot perut dan pinggang. Keluhan ini biasanya dirasakan oleh ibu hamil yang otot perut dan pinggangnya lemah, sering membungkuk atau sering memakai sepatu/sandal bertumit tinggi.

Mengapa pada kehamilan tua kadang-kadang timbul rasa sesak bila bernafas dan bagaimana cara mengatasinya?
Rasa sesak ringan pada waktu bernafas dapat terjadi pada kehamilan tua, karena janin menekan paru-paru ibu. Hal ini bisa diatasi dengan:
Menghindari pekerjaan berat atau pekerjaan terburu-buru
Pada waktu berbaring, memakai bantal yang agak tinggi
Rasa sesak ini akan hilang pada beberapa minggu menjelang kelahiran karena kepala janin mulai masuk ke dalam rongga panggul. Bila rasa sesak semakin mengganggu dan menyebabkan sulit tidur, ibu perlu segera memeriksakan diri ke dokter.

TwitterGoogle+WhatsAppBookmark/Favorites