Jangan lupa SIKAT LIDAH ketika sikat gigi

Pernah mengalami sakit? pasti pernah .. semua manusia di muka bumi ini pasti pernah sakit. Dan pernahkah perhatikan lidah anda saat sakit?

Pada keadaan kurang sehat, tubuh menunjukkan berbagai tanda pada tubuh yang menandakan tubuh sedang mengalami perang antara antibodi tubuh dan penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Salah satunya lidah anda akan terlihat putih. Lidah yang sehat seharusnya berwarna merah muda. Seperti gambar dibawah ini :

Semasa kami di Bogor, setiap anak sakit, kami biasanya membawa beliau untuk diperiksa ke dokter langganan. Dan sang dokter selalu memeriksa lidahnya. Jika terlihat putih dokter kadang berikan candistin, sejenis anti jamur untuk lidah.

Menurut wikipedia, Titik-titik atau bagian putih pada lidah dapat menjadi tanda-tanda beberapa kondisi medis:

* Efek samping dari antibiotik
* Candidiasis
* Debauch
* Dehidrasi
* Leukoplakia
* Keratosis faringis

Sebelum lidah anda mengalami titik putih karena penyebab diatas, baik sekali jika anda menyikat lidah berbarengan dengan kegiatan sikat gigi anda di pagi dan malam hari sebelum tidur. Jaga agar lidah anda selalu terlihat sehat berwarna merah jambu. InsyaAllah penyakit pun tidak hinggap.

Lakukan kegiatan menyehatkan setiap hari dengan membersihkan mulut untuk semua usia. Untuk bayi, sikat gusi dan lidah dengan kain kasa yang lembut yang sebelumnya dibasahi air hangat. Untuk anak-anak ajarkan menyikat gigi, gusi dan lidah sekaligus. Dan untuk dewasa juga sama, sikat gigi, gusi dan lidahnya agar sehat selalu.

Pola membersihkan mulut yang baik akan membawa kesehatan jasmani dan rohani yang baik, selain sehat tubuh anda, juga anda dapat berfikir, belajar dan bekerja dengan baik.

TwitterGoogle+WhatsAppBookmark/Favorites