Don’t forget to say thank you Allah, Alhamdulillah ..

Setiap hari adalah hari baru yang punya beragam kejadian yang berbeda. Mungkin akan ada rutinitas yang dilakukan itu itu saja, berulang setiap hari dan sedikit membosankan, namun autopilot seperti itu juga diperlukan dalam hidup ini, karena biasanya rutinitas tersebut merupakan kewajiban yang mau tidak mau harus tetap dijalankan .. Kewajiban atau bukan, tetap lakukan dengan hati dan pikiran yang sehat.

Adakalanya emosi meninggi, adakala pula hati menciut, atau pikiran buntu dan buram, sehingga langkah menjadi goyah dan kalang kabut tak berarah. Hal yang wajar terjadi pada manusia. Manusia bisa berbuat salah, bisa berbuat dosa, tak selamanya lurus dan baik. Namun harus selalu diingat, bahwa kesadaran jangan pernah hilang, jika anda tak lagi sadar bisa dikategorikan orang gila atau mabuk, hilanglah fungsi sebagai manusia pada taraf ini.

Kesadaran yang tetap terjaga dalam segala kondisi apapun, tetap membawa jasmani rohani kita setidaknya melakukan autopilot misalnya sholat, ataupun melakukan kewajiban lainnya misalnya belajar atau bekerja (jika masih mampu), kesadaran juga akan membimbing kita agar tidak melakukan perbuatan2 bodoh yang membuat Sang Pencipta murka yang akan disesali dikemudian hari. Kesadaran manusia akan membawa manusia tetap berharap dan berdoa pada Yang Kuasa agar tetap dilindungi dan diberkahi dan agar segala kesulitan yang terjadi akan segera hilang.

Hidup manusia bagai roda pedati, akan digilir masa senang dan sulit bergantian. Menang dan kalah bergantian. Hal itu sudah menjadi fitrah hidup manusia, sejak jaman awal penciptaan manusia. Maka setiap tahap itu tetaplah diingat secara sadar diri, bahwa jika salah maka bertobatlah, Allah Maha pengampun dosa kecuali dosa besar, jika mendapat nikmat bersyukurlah maka akan ditambah nikmatmu, jika sakit atau susah atau sulit berdoalah agar diberikan kesehatan dan kemudahan hidup, tak akan selamanya kita berada di bawah kecuali orang yang tidak mau berubah.

Setiap ucapan syukur alhamdulillah disertai rasa berterimakasih pada Sang Pencipta langit dan bumi ini tidak akan hilang begitu saja, malah akan berbalik menjadi karunia, berkah dan berlipat nikmat lainnya, sesuai janji Allah bahwa “bersyukurlah Pada Allah maka akan bertambah segala nikmat untuk kita” Syukurilah segala nikmat yang diberikan olehNya, terutama nikmat sehat, iman, hati dan perasaan yang tetap hidup dan masih dapat berfikir dengan baik. Sementara banyak orang tidak merasakan nikmat2 tersebut. Dalam segala kondisi bahkan dalam keadaan sakit, doa dan rasa syukur tetap ada.

Dan mari doakan orang2 disekitar kita agar memiliki hari2 penuh nikmat seperti yang kita rasakan saat ini. Semoga kita semua mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani selalu agar dapat melaksanakan kewajiban dalam hidup ini dan menikmati hidup dengan baik hingga ajal menjemput, Amiin ya rabbal A’lamin ..

TwitterGoogle+WhatsAppBookmark/Favorites