Diare atau mencret (maaf) pada ibu hamil

Apr 17 2009

Bila anda sedang hamil, pada umur kehamilan berapapun, umumnya rawan terkena diare/mencret, entah karena memakan sesuatu yang tidak cocok dengan tubuh, atau karena masuk angin. Kejadian ini pun terjadi pada saya baru-baru ini. Mengingat wanti-wanti dari orang tua, saya menghindari sejauh mungkin obat-obatan kimia selama kehamilan. Sehingga tanpa obat kimiawi mungkin mencret (maaf) yang diderita bisa terjadi agak lama, maka penanganan obat alami yang tepat amat diperlukan.

Buang-buang air (mencret) yang terjadi pada saya, tergolong agak parah karena disertai dengan muntah-muntah yang berketerusan. Badan agak lemas, namun tidak mencapai tahap yang mengkhawatirkan karena alhamdulillah setiap hari rajin meminum sari kurma dan minum air putih yang banyak selama sakit.

Derita diare/mencret yang saya alami cukup lama, sekitar 5 hari, karena saya cukup bandel dalam penanganan makanan. Selama sakit saya tetap biasa mengkonsumsi nasi dan sayur, daging, juga tetap mengkonsumsi sambal, padahal saat diare tubuh jangan terlalu berat mengolah makanan dulu, cukup hanya makan bubur nasi selama sakit. Dan juga saya tidak rutin meminum teh pahit yang disarankan orangtua, padahal saat diare/mencret menurut beliau, minum teh daun yang diseduh pahiiiiiit sekali dapat menjadi obat alamiah untuk membersihkan bakteri penyebab diare, saya disarankan tahan pahitnya sementara waktu.

Beberapa hal sesuai pengalaman saya yang dapat anda lakukan bila mencret: (jika tidak ada bahan2 yang saya sebutkan, harap mencari subtitusinya/penggantinya)
1. rajin minum air putih selama diare/mencret agar tidak dehidrasi
2. minum teh pahiiiit sekali (teh daun yang diseduh dengan air mendidih komposisi 4:1, dan diminum hangat2) teh sekali2 boleh dicampur sedikit garam dan gula pasir sedikit (pengganti cairan tubuh yg hilang)
3. selama diare minum sari kurma atau madu agar asupan ibu hamil tetap memiliki energi (tidak terlalu lemas)
4. makan bubur nasi setiap hari selama sakit (jangan makan makanan yg keras dulu)
5. cemilan cracker/biskuit agar ada makanan yang masuk sedikit sedikit meski kadang karena belum sembuh bisa keluar lagi dari tubuh

Setelah baru tadi malam mengikuti anjuran Ibu di Bogor untuk meminum teh yang pahiiiit sekali, dan makan bubur nasi saja selama sakit, keesokan harinya badan langsung terasa segar dan derita sakit selama 4 hari berangsur2 hilang, hingga hari ini tidak terasa lagi sakit perut tersebut juga tiada lagi diare/mencret. Alhamdulillah, mungkin juga doa seorang ibu mempercepat kesembuhan saya. Terimakasih mom… Terimakasih juga suami yang sangat sabaaaar dan telaten membantu selama sakit..

Incoming search terms:

  • http://dini isnandi net/2009/04/17/diare-atau-mencret-maaf-pada-ibu-hamil/
  • mencret saat hamil 8 bulan
  • mencret saat hamil 9 bulan
  • minum teh pait saat hamil muda berbahaya atau tidak
  • diare di usia kehamilan 9 bulan
TwitterGoogle+WhatsAppBookmark/Favorites

You might also like

Diare BAB Cair kemarin… Malam kemarin makan sambal yang mungkin agak sedikit basi. Sehingga semalaman perut berontak mules2 hingga...
Mual Muntah saat Hamil Mual muntah biasanya terjadi pada pagi hari atau malam hari, sangat jarang terjadi siang hari. Mengapa...
Berencana hamil kapan? Setiap perempuan yang bersuami umumnya ingin segera punya keturunan. Maka setelah menikah umumnya...
Menikmati kontraksi palsu Sejak usia kandungan anda masuk 7 bulan, maka kontraksi palsu atau yang dikenal sebagai braxton hicks...
Grab This Widget

19 responses so far

  • Syanthi says:

    Thx a lot for the info. Kebetulan Barusan sj kena diare n muntah2, jd bs lsg tahu cara penanganannya deh.

  • Ary juantini says:

    Terima kasih banyak atas informasinya

  • puji winarni says:

    Thanks atas infonya semoga rasa melilit ini bisa cepat hilang dan bayi di kandungan bisa tetap sehat..

  • Eycau says:

    Makasih. Sekarang istri saya sedang hamil dan kena diare. Cari teh daun di mana, Bu ? Tuhan memberkati.

  • aink says:

    makasih bu…ini istri sy jg br kena diare,jd sy bs lngsng prktekin resep alaminya…thanx a lot..

  • ny asih says:

    thanxs infony, kebetulan lagi diare nih, padahal ndak makan apa2 bu, itu apa ya penyebabnya? sekarang saya sedang hamil 6 bulan. apakah diare berpengaruh pada janin dalam kandungan kita bu? makasih….

  • irna says:

    maksiih infonya.. td saya sdh minum teh pahitnya dan untung persediaan sari kurma msh ada.. semoga sakit d perut cpt hilang.. Amiin..

  • Mia says:

    Sari kurma?? Beli dimana?

  • Ramla says:

    syukran jiddan ats infox,,,,,

  • ade says:

    wah..pas bgt nih..(emang lg dicari2…;-)). makasih bnyk ya mbak…sgt bermanfaat buat saya yg saat ini lg hamil 8 bln n menderita diare. Semoga Allah membalas kebaikan mba krn tlah membagi info ini. Amin

  • hary khan says:

    kebetulan istri saya lagi mencret.. thanks infonya.

  • fenty says:

    hi, kebetulan saya sedang hamil 4 bulan dan ada tanda2 diare nih… bisa segera dicoba resep2nya… smg saya cpt sembuh… makasih infonya ya…

  • deny shebe says:

    mudah2an pulih.mau nyoba

  • echa says:

    Wah kenapa baru sekarang saya ketemu artikel ini,saya hamil baru 7minggu dan diare parah,tlp dokter kandungan saya dikasih resep obat,tp blm sembuh trus ke dokter lain dan saya kaget setelah tahu bahwa sebetulnya kandungan dibawah 3bln tdk boleh diminumin obat kimia apapun
    Saya jadi was2 dengan kandungan saya,skr pun masih diare tp sdh tdk sering
    Mohon bantuan infonya ya utk mengatasi masalah saya
    Terima kasih sebelumnya

  • ufi says:

    Ass mba wah bgus bnget artikel ini, mba gni KάĻό̲̣̣̣ q sdh lma mencretx tp q klo berak kdg cmpur yg keras n yg encr kdg ǰǧ brbusa biasa 3xsehari tp q kuat makan n ǰǧ kuat mnum,sdh sktr 1bulan q bgni mba,q bngung kok ğãЌ bs brhnti2 ya,tp pnah sih 3haq sdh bgus,oia mba kira2 bhya ğãЌ ya pda kndnganq,apa q in trmsuk dehidrasi,klo q hbis brak encr gt bdanq trsa skit smw tp q ttp sll mrsa sgar,dibgian btis ǰǧ bgt sngat sakit smpai diperglngan kaki,mba mhon solusix dong

  • irvan says:

    alhamdulillah makasih banget buat infonya…

  • fitri says:

    alhamdulillah,,kbetulan sya skrg lagi skit perut sudah 3hari.,trimakash mbk infoy.

  • [...] might also like Diare atau mencret (maaf) pada ibu hamil Bila anda sedang hamil, pada umur kehamilan berapapun, umumnya rawan terkena diare/mencret, entah [...]

Leave a Reply