Obat batuk Ibu Hamil

Mar 05 2009

Jika saat ini anda sedang hamil dan mengalami batuk-batuk pasti menyiksa sekali. Batuk yang terjadi juga dapat menyebabkan tekanan di perut bagian bawah sehingga mungkin anda *maaf* mengeluarkan kencing setiap kali batuk.

Sejauh mungkin hindari obat kimia. Dokter yang baik pun selalunya menganjurkan sang ibu untuk istirahat, minum banyak air putih dan buah-buahan segar sebagai sumber vitamin C. Separah-parahnya batuk anda, kemungkinan dokter yang baik akan memberikan Obat Batuk Hitam sebagai obat. Namun sebaiknya hindari deh ya..

Selain cukup istirahat, minum banyak air putih dan banyak makan buah-buahan sumber vit. C, coba bantu juga dengan obat batuk dari bahan alami yang bahan2nya mudah dibeli:

Sedikit teh,
Madu,
Kencur dikupas dibersihkan dan di parut,
Jahe bubuk/jahe segar dikupas di geprek/diparut
Jeruk nipis – peras ambil airnya,

Campur dalam satu gelas beri air panas, dan diamkan sesaat, saring, kemudian campur dengan sedikit air agar tidak terlalu panas, setelah cukup hangat minum sedikit demi sedikit.

Obat alami bisa diminum sesering anda inginkan. Namun untuk takaran daun teh diharapkan jangan terlalu banyak, karena teh bisa mengikat garam pada tubuh, secukupnya saja untuk memberi rasa enak.

Jangan dilupakan pantangan seperti makan gorengan dan minuman air dingin/es. Sementara masih batuk minum air hangat dulu dan makanan yang hangat2. Mandi air hangat, memakai baju yang hangat dan sarung kaki.

Jika batuk disertai pilek bisa dilakukan inhalasi atau menghirup uang dari air panas yang dicampur sedikit minyak kayu putih, fungsinya juga untuk menghangatkan saluran pernapasan.

Semoga anda lekas sembuh…

Incoming search terms:

  • amankah cefixime untuk bumil
  • bolehkah ibu hamil minum obat batuk prome sirup?
  • batyk hebat disaat hamil 5bulan
  • dextral untuk ibu hamil
  • orang hamil boleh gak minum obat batuk komix
TwitterGoogle+WhatsAppBookmark/Favorites

You might also like

Neng sakit Sejak sabtu malam neng sakit.. sudah dua hari tidak masuk sekolah. Aktivitas tambahan yang melelahkan,...
Kening kena benturan dan mata lebam Terjadi 4 hari yang lalu, kening neng audin terbentur tangga di rumah. Saat itu dia berlari menuju...
Obat kimia yang perlu diketahui dan obat alami balita Neng Audine kena demam. Tadi malem udah ke DSA, disana banyak mainan anak, sedang demam tinggi gitu semangat...
Jika bayi 2 bulan anda demam Jika tiba-tiba demam tanpa alasan. Tanpa disertai batuk, pilek atau hal lain yang mengkhawatirkan, seperti...
Grab This Widget

50 responses so far

  • talithazone says:

    trimakasih infonya sungguh bermanfaat, kebetulan istri saya sedang hamil, mau saya forward ilmunya ke istri saya.

  • Bitha says:

    waah, iyah niy..sy lg hamil 2,5 bulan udh 2 hari ini tenggorokan sy gatal sekali dan batuk2. Sy akan coba resepnya, makasih yah!

  • reni says:

    Terimakasih infonya, tp kalo boleh tau berapa ukuran/takaran dari bahan2 tsb..?

  • Rima says:

    Thanks tipsnya,aku lg hamil 6 bln skr lg tersiksa sm batuk.perut rasanya sakit tiap kali batuk.semoga manjur ya

  • zaenal says:

    terimakasih atas infonya
    kebetulan kemarin istriku sakit batuk dan pilek
    aku dah konsultasi ke dokter disarankan beli obat batuk OBH
    tapi kalo ada yang alami sih.. aku lebih yakin

  • sumarlin says:

    wah kbetulan istriku lg hamil dan lagi batuk juga,, thanks resepnya..!! mudah2an sembuh.didoakan

  • feri says:

    istri sedang hamil, sering batuk, mudah2n tips ini bisa membantu, thanx..

  • sheyla says:

    wah..kebetulan bgt lg hamil and batuk2..
    thanks 4 ur info..
    mau coba ach..

  • ried says:

    makasih infonya!!
    mo coba ach!!

  • safrudin sani says:

    makasih infonya….
    mudah-mudahan istri saya mau mencoba.

  • keukeu says:

    Aduh makasih yah…kebetulan saya sangat bimbang karena sekarang ini saya lagi hamil 8 bulan dan batuk yg dirasakan amat mengganggu,mudah2an dengan resep ini batuk saya bisa segera sembuh…thx bgt

  • Rizal says:

    Iya nih, bingung pas istri hamil trus tenggorokannya sakit kaya mau batuk. Trims ilmunya

  • Wirda says:

    Makasih infonya,,,
    lagi browsing eh ketemu artikel ini deh, nanti resepnya di cob deh.
    Kebetulan saya sedanga hamil 4 bulan, sungguh menyiksa bgt. Apalagi saya kerja, tapi resepnya bisa juga ga ya untuk batuk+pilek?

  • Aldi says:

    terima kasih infonya Bu Dini, istri saya, sudah seminggu ini diserang batuk. waktu kami ke bidan, disarankan minim obat batuk obh nelco, tapi nggak ada perubahan. Sekarang saya akan coba saran dari Ibu. sekali lagi terima kasih atas info yang bermanfaat ini.

  • keke says:

    makasih infonya,emang saya lg batuk2 sudah hampir 1 bln tp lum sembuh.smg saja setelah saya coba ramuan ini bisa langsung sembuh!!!!oh ya… semenjak batuk asma saya juga sering kambuh padahal ini sudah memasuki bulan ke8 kehamilan saya,,,saya takut gak bisa lahir normal!!!kira2 ada tips2nya g y???mohon bantuannya…

    • Dini Susanti says:

      dear keke, moga lekas sembuh dan melahirkan dengan lancar, insyaallah tdk akan mengganggu kelahiran, jangan makan gorengan, air dingin, dan kurangi makanan manis2. jaga tubuh selalu hangat, pakai kaos kaki selalu jika tidur. saya doakan lancar2 ya.

  • syair says:

    mksih ya,,,atas infonya..

  • winnie mai says:

    Saya saat ini sedang hamil 7 minggu. Sejak hamil 1 minggu saya mulai batuk sampai saat ini belum sembuh. Dokter membuka resep :
    1.sirup dextrosin
    2.Fluezep , paracetamol 500 mg
    3.antibiotik fixiphar cefixime 100 mg.

    Sebelm nya saat hamil 5 minggu dokter juga telah membuka resep ambroxol ( speling mgkn salah ). Tapi belums embuh jg sehinggu di bukalah resep yg di atas.
    Yang ingin saya tanya kan sirup dectrosin di minum bersaam dgn flue zip bisakah terlalu besar dosis nya?

    • Dini Susanti says:

      Dear Winnie,
      sebaiknya ibu hamil tidak minum obat2 antibiotik, dokter yang baik akan menyarankan ibu hamil untuk tidak meminumnya, dan biasanya menjauhkan ibu dari obat2an yang berbahaya. namun setiap dokter berbeda, setidaknya demikian yang pernah saya alami, jika ibu hamil batuk pilek sebaiknya gunakan obat alami saja seperti minuman hangat di artikel diatas, intinya jaga tubuh selalu hangat, pakai kaoskaki, selimut, minum2 hangat, jauhkan gorengan, kurangi makanan minuman dari gula, pakai minyak kayu putih dll yang alami2. mudah2an cepat sembuh ya bu

      • weanniati Mak says:

        Antibiotik nya udah saya makan 3 kali, kalau mulai besok saya gak makan lg boleh gak ya? soalnya di bilangnya antibiotik harus di habisin. Kalau saya gak makan antibiotiknya lg gak pa pa kan ?

        Kalau boleh tahu , apa pengaruh janin terhadap antibiotik?

        • Dini says:

          dari pencarian google terhadap obat antibiotik fixiphar cefixime saya baca kalo obat tsb aman untuk ibu hamil dan menyusui untuk treatment thd gonococcal infections, disebutkan bhw obat tsb tidak masuk ke plasenta. namun hrs digunakan dlm dosis anjuran.

          saya tdk menganjurkan mbak winnie untuk meneruskan atau menghentikan obat2an diatas, terutama dokter lebih mengetahui yang terbaik bagi ibu hamil.

          namun agar sebaiknya pemakaian obat2an kimia dapat dihindari selama dapat ditangani dengan bahan2 alami . karena setiap ibu pasti mengharapkan janin yang dikandung sehat dan normal. untuk lebih jelasnya silahkan berkonsultasi kembali dengan dokter ya mbak..

  • susi says:

    sudahah 2 hari sy batuk n karena sy lg hamil, ga berani pake obat kimia tp bingung mo di obati apa…alhamdullillah baca info ini …thank,s ya mba …akan sy coba…..smoga manjur…

  • winnie_mai says:

    Mbak. 2 hari yg lalu saya menjalani check darah, dan di dapati 2 hal bermasalah:
    1. IgG CMV positif 66. di nyatakan negatif jika <4. Dan ini di katakan adalah virus burung. sedangkan IgM CMV negatif.
    2. dokter mangatakan darah saya kental. laju endap darah 55. normalnya 0 -25 mm/jam. ACA -IgG negatif 17,9. ACA-IgM equivocal 20,5. normalnya 20-80.

    Oleh dokter di buka resep favmasal, selama 3 bulan. Saya binggung harus gimana dan tertanya di artikel mana. Mudah -mudahan mbak bisa membantu saya. thank's

    • Dini Susanti says:

      dear bu winnie, saya coba cari di google mengenai lgG CMV positif tersebut, CMV adalah Cytomegalovirus (CMV), jika tubuh terinfeksi virus ini maka akan meningkatkan kadar antibodi lgG, menjelaskan mengapa pada tes darah lgG CMV positif. normalnya pada tubuh yang sehat kadar lgG tidak terpengaruh oleh reaksi virus.
      jujur mencari di berbagai sumber di internet tidak saya temukan satupun ttg obat favmasal, sehingga gak bs bantu banyak selain informasi diatas. bu winnie bisa lakukan dialog jujur dng dokter yang merawat saat ini mengenai kekhawatiran pd kehamilannya, pd bayinya, dan lain lain secara terbuka agar dokter bs berikan informasi yg bu winnie inginkan dan bs menentramkan hati, semoga dilancarkan segalanya..

  • Maya says:

    Terima kasih mbak atas ilmunya. Saya kebetulan sedang batuk pilek skr dalam masa kehamilan masuk 3 bulan. Alhamdullilah saya dapatkan artikel ini. Sekali lagi terima kasih banyak atas pengetahuannya.

  • yayan adenan says:

    wah…makasih bgt lg cari obat batuk ni buat saya yg lg hamil 5 bulan..
    klo boleh tau itu takarannya pokoknya secukupnya ya? bisa lbh spesifik ga… dan lagi, jahe bubuk cari dimana ya? kalo diganti jahe yg buat minuman itu bisa ga ya? atas responnya sebelumnya sy ucapkan terimakasih :)

  • zean says:

    terima kasih ya, atas informasinya… kebetulan istri saya lagi hamil., pas dsni ad informasinya.

  • Eny says:

    saya sedang hamil 5 bulan dan sekarang sedang mengalami batuk berat, sudah ke bidan tapi belum smbuh. setelah membaca artikel ini, mudah – mudahan bisa sembuh. nuwun

  • nia_@mr says:

    makasih ya resepnya. sekarang saya sedang hamil 9 bln, n sedang batuk hebat. emag benar setiap kali batuk perut saya sakit dan tak jarang mengeluarkan sedikit air seni yang membuat saya kerepotan. barakallahu fik

  • Meta says:

    Saya sedang hamil 4 bulan, sudah 1 minggu ini terkena batuk dan pilek. semula saya tidak minum obat apapun selain madu dan jeruk nipis, namun karna tdk ada perubahan akhirnya saya berobat ke dokter kandungan. saya diberi obat sanadryl expectorant, tp setelah minum obat tsb kepala saya berat, pusing dan mengantuk…apakah ini aman? saya jdi takut minum obat ini lagi…

    • Dini Susanti says:

      mba meta, obat kimia sebaiknya dihindari semasa hamil, namun jika dokter kandungan mengatakan aman tergantung mba meta mau minum obatnya atau tidak, insyaallah batuk pilek akan reda jika makan dan minum yang hangat selalu, hindari asap/polusi, minum obat alami yang hangat juga dari racikan jahe, madu, kencur hasilnya adalah minuman hangat yang manis segar diminum sebagai obat batuk. insyaallah.

  • dewi says:

    Saya ekarang sedang hamil mau jalan 8 bulan, selama hamil saya seringkali sakit terutama masuk angin dan sudah 2 kali ini saya batuk dan pilek,,, apa ada pengaruh yang serius terhadap janin dikandungan saya apabila terus batuk krn perut rasanya sakit setiapkali batuk..terimakasih

  • Rahmi says:

    Aq Udah hamil 6 bln batuk,pilek udah 3 hari g sembuh2 mudah2an tips d atas bisa membantu ku amin

  • dayu putri says:

    Saya juga mengalami batuk2 dah hampir 2 minggu, umur kehamilan sy dah 4 bulan sgt tersiksa sekali kdg2 keluar air seni….sy ke dokter kandungan n dikasi resep silex sirup…tp br 2 kali dimaem krn takut juga walaupun dokter bilang aman. Thx ya resepnya mudh2n aku cpt sembuh.

  • Fitri says:

    sangat bermanfaat, kebetulan aku hamil 2 bulan sekarang lagi batuk nih, thanks infonya, ijin share ya mba :)

  • nday says:

    gmn ya…batuk dicampur sesak nafas
    smua resep dajh pada dicoba, mlah udah bolak balik dokter kandung hasilnya ttp sama..
    istriku udah hamil 5 bulan gmn nih…
    ada pengaruh ga bagi perkembangan bayi….maklum anak pertama nih… sampe kurang tidur……
    mohon bantuanya……

    • Dini Susanti says:

      salam, usahakan selalu pada kondisi hangat badannya pak, umumnya batuk pilek hilang dalam 3 hari sampai 7 hari. pakai baju hangat, mandi air hangat dan menghirup uap hangat bisa dicoba. insyaallah sembuh ya.

  • nano says:

    o y MBK…KALO G ADA AUN TEH GMN?APA BLEH DIGANTI DH TEH BIASA???

  • Adis says:

    Saya lagi hamil mau masuk 7 Bulan,sejak awal 6 bulan tadi saya udh mulai kena batuk,sampai skrangpun batuknya makin lama makin parah,sampe2 perut n pinggang sakit semua klo batuk….apalgi klo malem dateng ampe teganggu istirahatnya….
    banyak orang bilang bahwa ini batuk bawaan hamil..tapi waaaahhhhh batuknya tambah sakit…….
    semoga aja dengan resep seperti yang saya baca di atas,akan bermanfaat bagi saya,saya akan coba sp tau akan berhasil…Amiiennn……

  • Adis says:

    oh ya mb…saya mau tanya nech…klo batuknya seperti saya ini,kira2 teganggu ga sama calon anak saya yang ada di dalam…sb terkadang batuknya sampe terasa ngedan2..takutnya ada apa2 sm janinnya…gmn solusinya mb…?sy tgu infonya…

  • wiwik says:

    Hi bumil…sy hamil 9 bln , tinggal menunggu waktu lahiran aja’ kebetulan sy lg batuk berdahak ‘sy sudah coba resep diatas ,berhubung skrng jam 3 pagi jadi bahan2 resep cm ada ‘madu kira kira 2 sendok mkn,jahe sebesar ibu jari dikeprok,N jeruk nipis 1. Sy ks air panas setengah gelas mug” ehh serius lho langsung ada hasilnya’batuk sy berhenti” mudah2an bsk gk kambuh lagi. Oiya bumil mohon doanya ya spy sy melahirkan normal dn lancar. Selamat mencoba…

  • Hyana_chan says:

    Saya lagi hamil jalan 8 bulan, yang saya rasain tenggorokan saya gatal n panas jadi klo saya batuk perih banget sampe2 keluar dahaknya, udah gitu tambah flu, napas smpe sesak. Apa yang mesti saya lakukan apa ada tambahan bahan lagi wat saya minum? Tlog kasih sya solusinya trim ksh.

  • verathalia says:

    Harus saya coba. Kandungan saya memasuki 9 bulan, disaat ud dekat masa persalinan spt ini

Leave a Reply