obatilah dengan baik dan jelas pengobatannya..

Beberapa hari yang lalu saya mendengar kabar seorang kawan meninggal dunia. Sangat berkabung setelah mendengar kabar tersebut. Lalu saya bertanya mengenai kondisi almarhum sebelum meninggal. Menurut kabar yang saya dapatkan, almarhum terkena komplikasi jantung dan ginjal. Sebuah penyakit yang saya ketahui dari beberapa sumber adalah penyakit yang biasanya di idap seseorang dalam kurun waktu yang lama.

Kemudian saya tanyakan apakah beliau sebelum meninggal sering ada keluhan penyakit2 tersebut? menurut narasumber saya mengatakan tidak, saya ketahui pula beliau adalah seorang yang tinggi besar sehat walafiat dan senang beraktifitas. Hanya saja sebulan sebelumnya almarhum mengeluh sakit lalu melakukan pengobatan alternatif. Saya tanyakan pengobatan alternatif seperti apa?? beliau tidak tahu, yang jelas ada sesuatu yang diminum lalu sakitnya bertambah parah dan meninggal. Innalilahi Wainnalilahi Rajiun.

Saya tidak menduga macam-macam mengenai pengobatan alternatif atau pilihan atau lainnya yang memang di Indonesia banyak menjamur. Bahkan di suatu surat kabar saya bisa temukan satu lembar penuh berisi berita iklan mengenai pengobatan alternatif yang banyak macamnya itu. Ada yang melalui jarak jauh, ada lewat jampi-jampi, ada dengan meminum sesuatu yang kita tak ketahui kandungan dan khasiatnya, ada dengan bantuan telur bulat yang tiba-tiba berdarah-darah dll. Sungguh sangat banyak dan sangat diluar logika akal sehat manusia. Namun tidak akan ada penawaran tanpa permintaan. Meski dengan segala keanehan dan ketidakmasukakalan, masih banyak juga yang meminta bantuan alternatif tersebut. Calon pasien datang berdatangan melalui informasi melalui surat kabar, brosur, bahkan melalui internet.

Apakah banyak macam pengobatan alternatif itu bisa menjadi alternatif yang bagus daripada pengobatan medis kedokteran? saat ini mungkin yang dijawab oleh para pengguna pengobatan itu adalah “YA” disamping harga pengobatan yang jauuuh lebih murah (ini yang utama) juga umumnya pasien ingin cepat sembuh instan dibanding pengobatan medis yang rata-rata lama dan membuang uang banyak. Mungkin ‘dijamin sembuh dengan instan’ ini yang menjadi iming-iming melakukan pengobatan alternatif yang tidak jelas jenis obat dan pengobatannya.

Akibat dari ketidak jelas jenis obat dan pengobatannya, akhirnya kemudian banyak pula yang beralih dari pengobatan alternatif setelah lama tidak sembuh penyakitnya menuju kepada pengobatan medis kedokteran. Biasanya pula segalanya sudah terlambat, penyakit sudah sangat parah dan telat diobati. Yang bisa berujung kepada kematian. Maka memang tidak salah bila ada pengobatan yang menjanjikan ‘pasti cepat sembuh’, bila nyawa melayang maka anda bisa sembuh selamanya. Wallahu Alam bishawab.

Tidak ada pengobatan apapun yang bisa menjanjikan cepat sembuh, dengan medis kedokteran pun demikian. Seorang ahli pernah berkata pada saya, setiap penyakit ada obatnya, namun berobatlah kepada ahli kedokteran yang telah belajar dan menuntut ilmu kedokteran, sehingga mampu bertanggung jawab atas keahliannya di rumah sakit atau klinik tempat dokter tersebut mengobati pasien. Dan amat lebih baik bila ditunjang oleh peralatan kedokteran yang mumpuni dan bantuan kedokteran dari rekan spesialis.

Pasien sedapatnya mengkaji jenis pengobatan yang didapat, kita dapat bertanya kepada dokter yang mengenai obat yang diterima, treatment yang didapat, dan sebagainya.

Sejauh mungkin jauhilah jenis pengobatan alternatif yang berbau mistis dan kurang masuk akal. Dapatkan obat yang tepat untuk penyakit yang diderita. Jika sulit mendapatkan pengobatan medis yang murah, kita bisa datang ke puskesmas terdekat yang masih banyak di setiap pelosok desa. Bahkan pengobatan gigi pun masih dihargai sangat murah dibanding klinik gigi yang bertarif Rp, 100rb/visit, anda bisa ke puskesmas melakukan pemeriksaan rutin setiap 6 bulan sekali untuk kesehatan gigi bahkan puskesmas juga tersedia pemeriksaan bayi hingga orang lanjut usia dengan biaya sangat terjangkau!

Saya salah satu orang yang menyukai puskesmas kala kecil. Selain murah juga dokter puskesmas umumnya ramah, mereka dokter yang melakukan pengabdian di desa dengan gaji seadanya untuk memenuhi tugas lapang mereka. Puskesmas selalu memberikan obat generik untuk setiap resep obat yang diberikan,baik generik maupun premium memiliki khasiat yang sama-sama bagus.

Kita semua bertanggung jawab atas diri sendiri, kita wajib menjaga diri kita lahir dan batin, jika kita sehat maka setiap aktivitas baik kita bernilai ibadah. Amien.

TwitterGoogle+WhatsAppBookmark/Favorites