Berencana hamil kapan?

Setiap perempuan yang bersuami umumnya ingin segera punya keturunan. Maka setelah menikah umumnya dapat memiliki anak dengan cepat. Namun setelah kelahiran anak pertama dan kedua ada sebagian yang melakukan perencanaan kehamilan selanjutnya. Umumnya menggunakan alat kontrasepsi yang bermacam-macam seperti spiral, suntik kb, pil kb, bahkan susuk. Mendengar kata ’susuk’ agak scary ya?

Saya ingin berbagi pengalaman, beberapa tahun lalu setelah menikah saya dan suami memiliki rencana untuk memiliki anak dengan jarak umur anak pertama dan kedua dan selanjutnya sekitar 3 tahun, maka setelah melahirkan anak pertama, saya memasang alat kontrasepsi KB spriral. Saya memilih Rumah Sakit Hermina Bogor tempat saya melahirkan dan dipasang oleh dokter yang juga membantu proses bersalin. Menurut dokter tersebut, alat KB spiral umumnya cocok dipasang untuk mayoritas perempuan namun harus rutin diganti setiap 1,2, atau 3 tahun menurut jenis spiral yang dipasang. Saya waktu itu memilih yang bisa diganti setiap tahun. Kalau tidak salah namanya spiral T.

Namun beberapa bulan kemudian, saya mengalami ketidakcocokan. Entah kenapa, saya tidak suka ada benda asing di dalam tubuh ini. Akhirnya setelah konsultasi dengan suami, spiral dicopot oleh seorang bidan di klinik dekat rumah, artinya tidak dilakukan oleh dokter yang memasang spiral sebelumnya. Kebetulan saya sempat berkonsultasi dengan bidan tersebut sebelumnya, dan beliau menegaskan bahwa pencopotan atau pemasangan bisa dilakukan oleh ahli kesehatan kandungan manapun, gak masalah.

Setelah pencopotan spriral, saya mencari alternatif lainnya untuk bisa membantu perencanaan kehamilan selanjutnya. Akhirnya kami sepakat menggunakan metode tanggal kesuburan. Dan ternyata ada sebuah sofware yang dapat menghitung tanggal kesuburan seorang wanita. Saya telah menggunakan metode tersebut hingga saat ini anak saya berusia 3 tahun. Dalam waktu dekat ini kami akan merencanakan memiliki lagi seorang putri/putra.

Bagaimana dengan yang tidak memiliki rencana? alias tidak menggunakan alat kontrasepsi atau perencanaan kehamilan apapun. Bentuk seperti ini pun menurut saya baik dan bagus, setiap keluarga memiliki hak dan keinginan masing-masing yang sudah dipertimbangkan dengan baik.

Bagi keluarga yang melakukan perencanaan kehamilan, khususnya dengan alat kontrasepsi spiral, pil, suntik, susuk, saya sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dan bertanya pada kawan lain yang telah berpengalaman. Umumnya dokter atau bidan ahli kesehatan kurang secara terbuka memberikan informasi mengenai baik dan buruknya penggunaan alat kontrasepsi tersebut, kebanyakan mereka mengatakan bahwa alat kontrasepsi adalah baik :), kecuali anda bertanya langsung secara lengkap. Namun saya pribadi kurang menyukai alat spiral atau juga disebut dengan IUD, dengan pertimbangan bahwa alat asing yang terpasang dan mengikat aliran darah yang normal pada mulut rahim bukan tidak mungkin akan menimbulkan dampak kurang baik bagi tubuh. Juga sama halnya dengan pil KB atau suntik KB yang konon adalah sejenis hormon yang di masukkan kedalam tubuh bukan tidak mungkin pula akan menimbukan efek lain yang tidak diinginkan. Saya lebih memilih merencanakan kehamilan dengan penentuan tanggal kesuburan, tidak ada alat ataupun bahan-bahan asing yang terpasang dalam tubuh. Merasa aman.

Software tanggal kesuburan tersebut begini metode kerjanya :
Tanggal menstruasi terakhir kita isikan kedalam database software tersebut, lalu kita isikan siklus menstruasi apakah 25 hari atau lainnya. Setelah itu software secara otomatis akan membuat tanggal2 bulan berikutnya dengan dua warna indikator, warna merah pada tanggal dimana wanita dihitung akan menstruasi, dan warna hijau pada tangga dimana wanita subur. Juga ada tanggal tidak ada warna apapun yang menandakan wanita tidak subur sehingga aman untuk tidak memakai pengaman. Software tersebut juga dapat menandakan kapan wanita sedang mengalami masa sangat subur hingga kurang subur dengan tanda indikator hijau yang levelnya tinggi hingga rendah. Sehingga juga bisa digunakan untuk menentukan waktu yang sangat subur untuk berencana hamil.
Anda bisa download free trial disini : download.com

Namun metode apapun yang anda gunakan sekarang, saya yakin sudah dengan pertimbangan yang baik dari anda dan suami. Dan memiliki anak adalah anugerah yang sangat besar. Setiap anak memiliki rejeki masing-masing yang sangat besar. Saya pribadi ingin sekali memiliki keluarga besar nanti. Amien. Wallahu ‘alam.

TwitterGoogle+WhatsAppBookmark/Favorites