kartu kredit banci ^^

Semasa masih gawe di Jakarta dulu para sales kartu kredit gencar menawarkan kartu kredit dengan berbagai penawaran bunga dan hadiah pembukaan kartu yang menarik. Namun sedikitpun saya gak tertarik untuk bikin.

Lalu suatu ketika husband menawarkan untuk membuat kartu tambahan dari salah satu kartu kredit yang dimilikinya. Saya otomatis setuju, dengan rencana awal, kartu tambahan ini akan digunakan untuk keperluan seperti belanja bulanan dan kebutuhan harian lainnya.

Namun yang terjadi dalam prakteknya berbeda. Dari tiga buah kartu kredit yang dimiliki husband dan satu kartu tambahan yang dimiliki oleh saya, semua akhirnya terpakai juga. Semua kartu memiliki beban yang harus dibayar. Awalnya dengan disiplin kami memakai kartu dengan pemakaian yang terhutang pada gaji bulan selanjutnya. Arti kata lain, kami memakai kartu bulan ini untuk dibayar pada gaji bulan berikutnya sebelum terhitung mendapat bunga. Rencana ini kurang memuaskan. Kami melakukan beberapa langkah pemangkasan hutang yang ada, dan memblokade rencana berhutang di kemudian hari:
1. kartu tambahan dihilangkan. Pengalaman membuktikan kartu tambahan hanya akan menimbulkan masalah baru. Maka pemakaian kartu debit lebih baik, you pay as you afford.
2. Pemilikan kartu kredit setiap keluarga adalah maksimal 2 (dua). Dengan pertimbangan, jika satu kartu sudah di reject kartu lain bisa save the day. Namun kartu kredit yang jadi pilihan harus yang diterima world wide, bunga kecil, kalo bisa free annual payment.
3. Pergunakan kartu kredit dengan bijak. Untuk menolong pembiayaan jika kebutuhan sudah tidak bisa ditunda lagi. Seperti membayar rumah sakit, mencicil komputer untuk pendidikan atau tools bekerja. Namun untuk beli pakaian dan kosmetik ditunda dulu deh, kecuali kartu debitnya masih mencukupi untuk membelinya.

Sekarang kami ada di malaysia, kami sudah memiliki batas maksimal kepemilikan kartu kredit, dua saja cukup. Husband sudah apply kartu kredit disini, dan satu kartu kredit di Indonesia masih dipertahankan. Suatu ketika ada keinginan untuk membeli barang yang ada di belanja online (ebay, bayar pake paypal), saya utarakan pada suami. Namun kami sepakat untuk tidak pernah menggunakan kartu kredit untuk belanja online sembarangan.

Iseng-iseng ketika belanja di 7-11 baca seven eleven, ada brosur ‘Mol Freedom’ (www.mol.com), sejenis kartu kredit dengan logo master card, namun double fungsi juga sebagai kartu debit. Wooo..interesting! Approval di jamin 100% (foreigner bisa apply), batas umur min buat apply dari 12 th keatas (wii anak SD bisa apply), tidak ada biaya bulanan dan bisa trade secure via paypal atau merchant master card seluruh dunia, bisa juga ambil cash di atm seperti debit lainnya, fungsinya ya double gitu tabungan dan kartu kredit.

Ga nahan deh, Go for it dong, sekarang kartu itu udah ada ditangan. Beli kartunya di 7-11 (minimarket kayak alfamart gitu), isi formulir, kirim, dapet no pin lewat sms, besoknya kartu udah bisa dipake. Ini baru deh namanya kartu banci hahahaha.

TwitterGoogle+WhatsAppBookmark/Favorites