Hari pertama Neng sekolah..

Sejak dua hari lalu saya mengalami rasa gak karuan, menjelang hari pertama neng sekolah di Tadika Anak Ria Puchong Selangor. Bahkan beberapa saat sebelum neng berangkat sekolah perut saya mengalami mulas dan degub jantung saya cepat sekali.. walau neng sebelumnya pernah sekolah di Playgorup Al-May, Bogor namun ada rasa cemas, risau, bisakah neng melewati hari ini dengan baik? bertemu dengan kawan baru, diajarkan oleh guru baru, mengenal bahasa lain (mandarin , english dan bhs malaysia) diluar mother tonguenya.. Namun hari ini harus dilewati olehnya, hari ini adalah anak tangga pertama mencapai gemilang masa depannya kelak.

Kecemasan saya bertambah, ketika beliau mulai berbaur dengan siswa lainnya, beliau menundukkan kepala dan saya melihatnya menangis, tidak ada suara yang keluar, entah apa yang ada dipikiran dan benaknya.. saya coba tersenyum padanya dan mendekapnya sesaat sebelum masuk kelas.

kemudian seluruh siswa masuk kelas masing-masing, neng masuk kelas playgroup, seorang guru etnic india mengenakan busana india menjadi teachernya. Neng masih tertunduk.

Kemudian teacher membagikan mainan balok susun dan balok huruf di hadapan masing masing anak. Neng mulai mengangkat wajahnya dan meraih mainan tersebut, dan terlihat mulai asyik memainkan balok susun yang memang mainan kesukaannya ^_^ alhamdulillah.. kemudian saya tinggalkan beliau,

me : call me anytime if you need me (my home next door ^^) ..
teacher : do’t worry, we will call you if audin crying, but if she does’nt cry, we will let her stay this whole day..
me : fine, no problem, thanks a lot..

Satu hal, memang hari pertama sekolah menjadi sedikit menakutkan bagi anak-anak, bagaimanapun mereka menghadapi lingkungan baru yang asing, namun mereka harus dapat belajar menemukan hal baru juga berjuang mengatasi ketakutan dalam diri mereka.

Orangtua boleh mengalami kecemasan seperti saya, namun jangan pernah ditunjukkan dihadapan anak. Meskipun berada dalam lingkungan yang terpantau namun ‘pengawasan dan perlindungan’ tetaplah menjadi kewajiban setiap orangtua *menghindari bullies terhadap anak*, maka komunikasi dengan guru menjadi sangat penting.. semoga neng dapat melalui hari ini dan hari selanjutnya dengan baik, dan *terpenting* bisa bersekolah dengan hati senang..

Sedang menunggu neng pulang sekolah nih..

Update :
Neng Pulang Sekolah pukul 11.30

Alhamdulillah, neng keluar kelas dengan wajah gembira. Lalu beliau main di playground sekolah :

Sekarang neng minta susu. Cape ya neng? ^_^..

TwitterGoogle+WhatsAppBookmark/Favorites