Ide Bisnis untuk Anda

Bukan kapasitas saya membicarakan bisnis, ekonomi dan peluang menjadi pengusaha. Namun menarik karena setiap orang bisa hidup dari usaha yang dilakukannya.

Menjadi pengusaha gampang2 susah. Gampang, karena sebenarnya peluang yang ada sangat luas. SDA dan SDM yang besar bisa jadi ide peluang untuk buka lapangan usaha baru. Dan bisa dibilang susah bila sudah berhubungan dengan birokrasi pemerintah dan ekspansi usaha. Namun dibalik itu peluang jadi pengusaha dan berhasil bukan tidak mungkin.Tergantung keseriusan, kerja keras dan doa tentunya.

Mungkin ada yang pernah pesimis mengatakan bahwa menjadi pengusaha yang sukses di Indonesia harus memiliki koneksi dengan pengusaha besar ataupun pemerintah. Jika begitu, maka pikiran tersebut sebenarnya sudah menahan langkah untuk maju.

Namun rahasia kesuksesan family etnis china pernah disampaikan oleh seorang kawan saya. Beliau menceritakan bagaimana orangtuanya dapat memiliki usaha bahan bangunan yang tergolong sukses di Bogor. Saya ketahui ternyata family besar komunitas mereka memberikan bantuan modal kepada orangtuanya yang berniat untuk membuka usaha baru. Pinjaman tersebut dikembalikan jika usaha sudah berjalan dan punya keuntungan dengan ketentuan yang diatur bersama. Jika usaha tersebut bangkrut atau gagal, maka pinjaman kedua bisa dialirkan kembali. Namun jika kesekian kali meski pinjaman/utang sudah diberikan dan usaha yang dijalankan selalu gaga maka family tersebut bisa memberlakukan sanksi dengan membuang si peminjam utang tersebut dan dianggap orang yang sial. Beruntung, orangtua beliau sukses pada pinjaman pertama. Entah benar atau tidaknya cerita tersebut atau apakah hal itu menjadi keumuman bagi komunitas tertentu, saya kurang tahu, jika anda tahu lebih dalam mengenai hal ini bisa dikonfirmasikan kepada saya.

Dari cerita beliau kami sependapat bahwa modal adalah faktor penting dalam menjalankan bisnis pertama. Namun keunikan orang Indonesia yang penuh dengan kerja keras dan kreatifitas menjadikan juga banyak dalam masyarakat kita yang berhasil dengan hanya bermodal dengkul. Contoh nyata seorang Bob sadino pernah bercerita mengenai pengalamannya sukses dari berjualan telor rumah kerumah hingga beliau bisa memiliki chicken industry besar di Indonesia.

Tapi tentunya dengkul cuma dengkul jika ga dibarengi semangat dan ide kreatif ya? hehehe selain dengkul tentu otak dan kreatifitas juga harus main. Tanpa uang atau barang anda bisa menjual ide atau tenaga anda. Dan lebih beruntung jika ada sedikit uang dan barang sebagai modal, usaha kecil-kecilan sebagai starter menuju sukses bisa dilakukan dulu.

Saya ingin berbagi beberapa ide usaha dengan modal kecil untuk anda. Mungkin anda memiliki minat membuka usaha berikut dibawah ini, sebagian hasil ide saya, sebagian sudah menjadi usaha umum di masyarakat. Dicoba ga ada ruginya.

1. usaha bakso gelas
cobalah menjadi pengusaha bakso gelas. Peralatan yang anda butuhkan hanyalah gerobak, kompor gas, panci, gelas plastic dengan tutupnya, sendok plastic, saos sambel bungkus, dll.
Usaha ini bisa dijalankan dengan gerobak yang didesain cantik dan dipasarkan di mall-mall ataupun pasar tradisional. System pemasaran adalah dengan mengemas pesanan bakso di dalam gelas sehingga bisa dibawa pulang ataupun di makan di tempat dan gelas dapat di buang segera setelah digunakan. Prinsip usaha yang utama dan bisa ditulis di spanduk jualan bakso anda adalah : bakso HIGIENIS, SEHAT DAN BERGIZI. Ingat, bakso yang dijual harus bebas bahan pengawet dan pewarna berbahaya.

2. usaha isi ulang pulsa keliling
Dengan berkendara motor atau mobil anda bisa memasarkan pulsa elektrik ataupun voucher dimana saja, bebas pajak bangunan.

3. usaha rujak gelas
Rujak dimanapun disukai. Apalagi cuaca panas bisa bikin lidah bergoyang kalo makan rujak pedas. Disajikan menarik dan bersih, dengan harga tak terlalu mahal, jual lah rujak dalam satu gelas transparan. Rujak pasti diminati

4. usaha warung internet keliling
Warnet identik dengan lokasi tetap di dekat perumahan, sekolah ataupun lokasi lainnya, penuh dengan peralatan computer yang besar dan sulit dipindah-pindah. Lainnya hal nya dengan usaha warnet keliling, anda menggunakan peralatan yang bersifat ringan dan mudah dibawa-bawa. Peralatan yang dibutuhkan adalah notbuk, kabel jaringan, kursi plastic dan meja plastic. Warnet ini bisa di buka dimana saja yang diinginkan, mengikuti kelompok target masyarakat yang sering berkumpul.

5. usaha salon berjalan
Jika anda punya mobil, usaha ini bisa dilakukan. Misalnya pada minggu pagi banyak yang habis berolahraga di alun-alun. Mobil salon anda bisa memberikan paket murah meriah untuk menicure pedicure dan creambath. Atau anda bisa menerima panggilan jasa creambath ke rumah-rumah, nyalon ga mesti dateng ke tempat anda.

6. penulis buku
Jadikan diary anda menjadi sebuah buku seperti dilakukan oleh radityadika penulis favorite saya, saya menjadi fansnya sejak buku cinta brontosaurusnya launching, setelah baca buku itu saya mulai mencari setiap buku hasil karyanya. Jika anda punya ide segar, tulis menjadi draft buku lalu kirimkan pada setiap penerbit yang ada di kota anda, jika diterima syukur jika tidak mintakan saran dan kritiknya agar buku anda lebih baik pada kemudian hari.

7. usaha rental buku/komik
buatlah garasi rumah anda usaha rental komik/buku. Sayang jika harus diloakkan sedangkan buku2 tersebut adalah koleksi berharga anda. Lebih baik di pinjamkan dan dapet uang.

8. usaha air es atau minuman ringan dingin
Bertempat di alun-alun atau kerumunan banyak orang, juallah coca cola dingin atau minuman ringan lainnya. Dengan hanya duaribu rupiah, minuman tersebut bisa diserbu dan anda kebanjiran order.

9. usaha penitipan anak
Buka usaha dengan membuka satu lot atau dua lot di mall kota anda. Usaha penitipan ini anak ini pasti diminati. Berikan paket murah misalnya perjam 15rb. Pasti banyak para ibu yang bisa menitipkan anak mereka. Namun harus diperhatikan penitipan anak juga dilengkapi dengan arena bermain dan belajar bagi anak.

10. usaha karaoke instan.
usaha ini sedang diminati di mall mall. Kenapa anda tidak bikin sendiri box karaoke? modal hanya tv dan alat audio video. Anda bisa setting sendiri sesuai kriteria anda.

^_^

Intinya sih, persaingan usaha kecil di Indonesia yang semakin gede, jangan sampe menyurutkan niat untuk usaha. Misalnya harus disikapi satu keuntungan dengan semakin banyaknya jumlah bayi wanita sehingga total wanita lebih banyak dari pria, maka usaha di bidang jasa dan barang untuk wanita bisa dilirik.

Satu hal lagi, biasanya konsumen paling males jika butuh sesuatu harus keluar rumah, dalam kondisi panas banget, hujan deras..maka jika anda sudah punya usaha misalnya retail atau salon atau catering, jangan cuma manyun di tempat anda. Usaha baru ‘anda beli kami antar’ bisa jadi pilihan ekspansi. Ga ada yang bisa merintangi meski hujan duit sekalipun hehehe

USAHA YANG SUDAH BANYAK DILAKONI
usaha-usaha dibawah ini sudah banyak dilakoni oleh masyarakat dengan modal kecil dan sudah banyak yang sukses menjalaninya.
1. usaha berdagang retail (minimarket ataubisa juga warung kecil di rumah)
2. usaha kue ulangtahun
3. usaha desain web. (beli satu paket webdesign jual satuan)
4. usaha franchise
Biasanya usaha franchise butuh modal awal minimal 200rb, misalnya saja:
1.franchise makanan (bakso, restoran, es krim, kebab, burger dll)
grobak kecil modal 2 jt
toko kecil modal 20-50jt
toko besar modal diatas 50jt
2. franchise IT (hosting, ISP, desain web)
modal dari 200rb – 20jt
3. franchise mini market (alfamart, indomaret dll)

Banyak lagi ide franchise ataupun usaha lainnya, anda cobalah mencari informasi sebanyak-banyak nya dimanapun pada siapapun. Dan setelah sukses, jangan lupa berbagi ilmu dan sharing kepada pemula lainnya. Selamat mencoba yo!

TwitterGoogle+WhatsAppBookmark/Favorites