Ide Bisnis untuk Anda

May 12 2008

Bukan kapasitas saya membicarakan bisnis, ekonomi dan peluang menjadi pengusaha. Namun menarik karena setiap orang bisa hidup dari usaha yang dilakukannya.

Menjadi pengusaha gampang2 susah. Gampang, karena sebenarnya peluang yang ada sangat luas. SDA dan SDM yang besar bisa jadi ide peluang untuk buka lapangan usaha baru. Dan bisa dibilang susah bila sudah berhubungan dengan birokrasi pemerintah dan ekspansi usaha. Namun dibalik itu peluang jadi pengusaha dan berhasil bukan tidak mungkin.Tergantung keseriusan, kerja keras dan doa tentunya.

Mungkin ada yang pernah pesimis mengatakan bahwa menjadi pengusaha yang sukses di Indonesia harus memiliki koneksi dengan pengusaha besar ataupun pemerintah. Jika begitu, maka pikiran tersebut sebenarnya sudah menahan langkah untuk maju.

Namun rahasia kesuksesan family etnis china pernah disampaikan oleh seorang kawan saya. Beliau menceritakan bagaimana orangtuanya dapat memiliki usaha bahan bangunan yang tergolong sukses di Bogor. Saya ketahui ternyata family besar komunitas mereka memberikan bantuan modal kepada orangtuanya yang berniat untuk membuka usaha baru. Pinjaman tersebut dikembalikan jika usaha sudah berjalan dan punya keuntungan dengan ketentuan yang diatur bersama. Jika usaha tersebut bangkrut atau gagal, maka pinjaman kedua bisa dialirkan kembali. Namun jika kesekian kali meski pinjaman/utang sudah diberikan dan usaha yang dijalankan selalu gaga maka family tersebut bisa memberlakukan sanksi dengan membuang si peminjam utang tersebut dan dianggap orang yang sial. Beruntung, orangtua beliau sukses pada pinjaman pertama. Entah benar atau tidaknya cerita tersebut atau apakah hal itu menjadi keumuman bagi komunitas tertentu, saya kurang tahu, jika anda tahu lebih dalam mengenai hal ini bisa dikonfirmasikan kepada saya.

Dari cerita beliau kami sependapat bahwa modal adalah faktor penting dalam menjalankan bisnis pertama. Namun keunikan orang Indonesia yang penuh dengan kerja keras dan kreatifitas menjadikan juga banyak dalam masyarakat kita yang berhasil dengan hanya bermodal dengkul. Contoh nyata seorang Bob sadino pernah bercerita mengenai pengalamannya sukses dari berjualan telor rumah kerumah hingga beliau bisa memiliki chicken industry besar di Indonesia.

Tapi tentunya dengkul cuma dengkul jika ga dibarengi semangat dan ide kreatif ya? hehehe selain dengkul tentu otak dan kreatifitas juga harus main. Tanpa uang atau barang anda bisa menjual ide atau tenaga anda. Dan lebih beruntung jika ada sedikit uang dan barang sebagai modal, usaha kecil-kecilan sebagai starter menuju sukses bisa dilakukan dulu.

Saya ingin berbagi beberapa ide usaha dengan modal kecil untuk anda. Mungkin anda memiliki minat membuka usaha berikut dibawah ini, sebagian hasil ide saya, sebagian sudah menjadi usaha umum di masyarakat. Dicoba ga ada ruginya.

1. usaha bakso gelas
cobalah menjadi pengusaha bakso gelas. Peralatan yang anda butuhkan hanyalah gerobak, kompor gas, panci, gelas plastic dengan tutupnya, sendok plastic, saos sambel bungkus, dll.
Usaha ini bisa dijalankan dengan gerobak yang didesain cantik dan dipasarkan di mall-mall ataupun pasar tradisional. System pemasaran adalah dengan mengemas pesanan bakso di dalam gelas sehingga bisa dibawa pulang ataupun di makan di tempat dan gelas dapat di buang segera setelah digunakan. Prinsip usaha yang utama dan bisa ditulis di spanduk jualan bakso anda adalah : bakso HIGIENIS, SEHAT DAN BERGIZI. Ingat, bakso yang dijual harus bebas bahan pengawet dan pewarna berbahaya.

2. usaha isi ulang pulsa keliling
Dengan berkendara motor atau mobil anda bisa memasarkan pulsa elektrik ataupun voucher dimana saja, bebas pajak bangunan.

3. usaha rujak gelas
Rujak dimanapun disukai. Apalagi cuaca panas bisa bikin lidah bergoyang kalo makan rujak pedas. Disajikan menarik dan bersih, dengan harga tak terlalu mahal, jual lah rujak dalam satu gelas transparan. Rujak pasti diminati

4. usaha warung internet keliling
Warnet identik dengan lokasi tetap di dekat perumahan, sekolah ataupun lokasi lainnya, penuh dengan peralatan computer yang besar dan sulit dipindah-pindah. Lainnya hal nya dengan usaha warnet keliling, anda menggunakan peralatan yang bersifat ringan dan mudah dibawa-bawa. Peralatan yang dibutuhkan adalah notbuk, kabel jaringan, kursi plastic dan meja plastic. Warnet ini bisa di buka dimana saja yang diinginkan, mengikuti kelompok target masyarakat yang sering berkumpul.

5. usaha salon berjalan
Jika anda punya mobil, usaha ini bisa dilakukan. Misalnya pada minggu pagi banyak yang habis berolahraga di alun-alun. Mobil salon anda bisa memberikan paket murah meriah untuk menicure pedicure dan creambath. Atau anda bisa menerima panggilan jasa creambath ke rumah-rumah, nyalon ga mesti dateng ke tempat anda.

6. penulis buku
Jadikan diary anda menjadi sebuah buku seperti dilakukan oleh radityadika penulis favorite saya, saya menjadi fansnya sejak buku cinta brontosaurusnya launching, setelah baca buku itu saya mulai mencari setiap buku hasil karyanya. Jika anda punya ide segar, tulis menjadi draft buku lalu kirimkan pada setiap penerbit yang ada di kota anda, jika diterima syukur jika tidak mintakan saran dan kritiknya agar buku anda lebih baik pada kemudian hari.

7. usaha rental buku/komik
buatlah garasi rumah anda usaha rental komik/buku. Sayang jika harus diloakkan sedangkan buku2 tersebut adalah koleksi berharga anda. Lebih baik di pinjamkan dan dapet uang.

8. usaha air es atau minuman ringan dingin
Bertempat di alun-alun atau kerumunan banyak orang, juallah coca cola dingin atau minuman ringan lainnya. Dengan hanya duaribu rupiah, minuman tersebut bisa diserbu dan anda kebanjiran order.

9. usaha penitipan anak
Buka usaha dengan membuka satu lot atau dua lot di mall kota anda. Usaha penitipan ini anak ini pasti diminati. Berikan paket murah misalnya perjam 15rb. Pasti banyak para ibu yang bisa menitipkan anak mereka. Namun harus diperhatikan penitipan anak juga dilengkapi dengan arena bermain dan belajar bagi anak.

10. usaha karaoke instan.
usaha ini sedang diminati di mall mall. Kenapa anda tidak bikin sendiri box karaoke? modal hanya tv dan alat audio video. Anda bisa setting sendiri sesuai kriteria anda.

^_^

Intinya sih, persaingan usaha kecil di Indonesia yang semakin gede, jangan sampe menyurutkan niat untuk usaha. Misalnya harus disikapi satu keuntungan dengan semakin banyaknya jumlah bayi wanita sehingga total wanita lebih banyak dari pria, maka usaha di bidang jasa dan barang untuk wanita bisa dilirik.

Satu hal lagi, biasanya konsumen paling males jika butuh sesuatu harus keluar rumah, dalam kondisi panas banget, hujan deras..maka jika anda sudah punya usaha misalnya retail atau salon atau catering, jangan cuma manyun di tempat anda. Usaha baru ‘anda beli kami antar’ bisa jadi pilihan ekspansi. Ga ada yang bisa merintangi meski hujan duit sekalipun hehehe

USAHA YANG SUDAH BANYAK DILAKONI
usaha-usaha dibawah ini sudah banyak dilakoni oleh masyarakat dengan modal kecil dan sudah banyak yang sukses menjalaninya.
1. usaha berdagang retail (minimarket ataubisa juga warung kecil di rumah)
2. usaha kue ulangtahun
3. usaha desain web. (beli satu paket webdesign jual satuan)
4. usaha franchise
Biasanya usaha franchise butuh modal awal minimal 200rb, misalnya saja:
1.franchise makanan (bakso, restoran, es krim, kebab, burger dll)
grobak kecil modal 2 jt
toko kecil modal 20-50jt
toko besar modal diatas 50jt
2. franchise IT (hosting, ISP, desain web)
modal dari 200rb – 20jt
3. franchise mini market (alfamart, indomaret dll)

Banyak lagi ide franchise ataupun usaha lainnya, anda cobalah mencari informasi sebanyak-banyak nya dimanapun pada siapapun. Dan setelah sukses, jangan lupa berbagi ilmu dan sharing kepada pemula lainnya. Selamat mencoba yo!

Incoming search terms:

  • butuh ide usaha kreatif untuk usaha dirumah
  • jualan teh gelas keliling
  • jualan keliling yg mempunyai prospek bagus
  • hal yg harus d perhatikan sebelum membuka baby shop
  • niat ingin buka coffee shop
TwitterGoogle+WhatsAppBookmark/Favorites

You might also like

Berjiwa Bisnis Mari berjiwa bisnis !Menurut Heri Asari - salah seorang pengusaha handy craft yang saya kutip dari swa.co.id...
Dua yahoo messenger (ym) satu komputer Untuk chat keperluan bisnis dan pribadi harus dibedakan. Bisa jadi ym bisnis berisi id rekan2 bisnis...
Visit Indonesia Year 2008? Apa Kabar?.. Apa kabarnya Visit Indonesia Year 2008? "Gue baru denger nih" ujar seorang kawan dengan noraknya.. Kami...
Aduduh motor… Mengendarai motor, kenapa sih harus serba terburu-buru? selalu merasa in hurry dan harus menarik...
Grab This Widget

100 responses so far

  • Menurut saya kalau mau buka usaha, lebih baik dimulai dari hobi. Jadi kita bisa berusaha dengan hati gembira.

  • Dini Susanti says:

    setuju banget. hati gembira=sehat=bisa bekerja dengan baik.

    web foruminvestor.blogspot.com bagus pa, nice to share too..

    salam

  • Donie says:

    hati gembira plus duit masuk dompet deh

  • Tyo says:

    Saya bingung mo usaha apa..

    • felxcakep says:

      saya ada ide untuk usaha anda,dengan di bidang emas…………..
      ketika emas naik/turun anda bisa dapat untung…….

  • guitareswara says:

    mohon bantuan. sy pengen usaha kecil tp gak tau mau usaha pa.

  • Dini Susanti says:

    untuk guitareswara, ini hanya opini saya, mungkin bisa dimulai dengan hobi yang anda miliki, misalnya hobi main gitar bisa bikin kursus main gitar atau bikin band, misalnya juga hobi menulis maka bisa kirim tulisan ke majalah. Saran saya mulailah menjadikan hobi anda untuk menghasilkan uang yang halal. Umumnya keahlian yang dimiliki dapat menjadi sumber penghasilan tanpa kita memiliki modal finansial. Gitu semoga bisa membantu.

  • anggie says:

    iya bingung juga mau usaha apa..
    dikepala ni banyak banget yang di pinginin.sempet mau buka computerkids, tempat siap, SDM nya ngga ada.
    buka baby shop,ngga jadi juga…ini malah mikir lagi mau bikin tempat penitipan anak.
    jadi bingung..
    soale kayaknya ngga punya hobby sih..
    ngga telaten juga :(
    takutnya malah gagal semua….
    ada yang bisa bantu???

  • Dini Susanti says:

    coba ditulis diatas kertas catatan tentang kekuatan, kekurangan, peluang dan tantangan. yang mencakup tentang modal, kemampuan, waktu, tenaga, lingkungan sekitar, kebutuhan, harapan, tujuan. setelah iseng2 menulis semoga jalan menuju usaha yang sesuai akan terbuka.

    Ada satu pilihan menarik jika modal yang dimiliki 50jt keatas, belilah rumah sederhana lalu jadi juragan kontrakan. rumah sebagai investasi tetap dimiliki selain itu uang mengalir tiap bulannya :)

  • Eko Hidayat says:

    Saya punya pandangan yang berbeda. Kalau kita mau usaha,ya usahalah jangan menyalurkan hobi. Kalau menyalurkan hobi ya jangan expect fulus instant (cepat).
    Maksudnya begini: Kalau kita mau usaha, buatlah riset sederhana, tentang kebutuhan sekitar (jika kita belum tahu mau usaha apa) atau risetlah tentang sesuatu yang mau kita jual itu, pembelinya siapa, berapa banyak, sudah ada saingan belum, berapa harga yang layak dilokasi tsb, dsb. riset yang terakhir itu bila kita sudah punya bayangan mau usaha apa.
    Dari hasil riset itu, kita akan masuk ketahap:
    1. GO or NO GO
    Kalau hasil riset kita mengindikasikan Go, silahkan masukin tahap kedua. Tapi jika NO GO, anda perlu mengurungkan niat untuk usaha itu, atau memodifikasi mengikuti selera pasar sehingga jadi feasible. Disinilah esensi kata-kata pertama saya bahwa usaha tidak selamanya sejalan dengan hobi. Kalau hobi, orang mau bilang apa, orang mau suka atau tidak suka, kita jalan terus. Kalau usaha, begitu market tidak menginginkan, anda harus bisa berubah supaya tidak ditinggal customer.
    2. PERSIAPKAN “M”
    Ini yang sering dilupakan oleh teman-teman yang bergerak diskala kecil. M yang saya maksud adalah Marketing. Sekecil apapun usaha anda, anda perlu mempersiapkan marketing.
    Mungkin ada yang menyanggah, bahawa ada beberapa usaha yang tidak perlu marketing bisa bertahan juga.
    Ini jawabannya: Kalau dana kita tak terbatas, dan layanan kita perfect, silahkan abaikan marketing, karena lama kelamaan word of mouth yang akan berjalan. Artinya marketing anda di drive oleh kualitas. Anda tinggal memaintain saja kualitas dan beres…..adakah yang hilang???? tentu yang hilang dari sistem ini adalah opportunity (opportunity losses). Losses ini tidak akan ada impactnya ke bisnis. Gambarannya begini, dalam 2 tahun omzet usaha 10 milyar, dengan operasional cost 5 milyar. Artinya operating marginnya 5 milyar.
    Sekarang kalau kita mengalokasikan dana 1 milyar untuk marketing, pendapatan kita bisa mencapai 15 milyar. jadi operating marginnya 15 milyar – 6 milyar = 9 milyar.
    Tapi faktanya kan kita tidak melakukan aktivitas marketing, sehingga bisa dianggap ada opportunity loss sebesar 4 milyar (9 – 5)
    Sekarang kita kembalikan ke usaha kecil “pas-pasan” tadi. kalau kita tidak menganggarkan marketing dengan alasan dananya tidak ada (atau merasa sayang membuang2 uang buat marketing), dana yang terbatas tadi bisa bertahan 6 bulan, tapi kalau melakukan marketing hanya akan bertahan 3 bulan. Itu kalau efek dari marketing tidak ada. Lalu mana yang akan kita pilih?

    Sorry kepanjangan dan kata-katanya tidak EYD ya?

  • Dini Susanti says:

    Nampaknya pak Eko banyak pengalaman ya :) salam kenal pak, bagus sekali commentnya dan sebagian besar saya setuju.. selaras dengan pengalaman juga, saya pernah punya bisnis yang berubah arah searah angin yang lebih kencang bertiup, namun ada suatu usaha yang diawali hobi masih bertahan hingga saat ini. Untuk memulai suatu usaha memang aspek riset sangat penting dan teknik riset diatas memang umumnya harus diterapkan calon usahawan; kekuatan, kekurangan, peluang dan tantangan. yang mencakup tentang modal, kemampuan, waktu, tenaga, lingkungan sekitar, kebutuhan, harapan, tujuan.

    komentar saya, siapapun kita dari latar belakang apapun jangan ragu untuk coba berbisnis, kemudian seimbangkan antara bisnis dan amal..

  • bayu says:

    Mas/Mba saya ingin sekali memulai usaha, salah satunya jualan kue-kue kering, yang saya ingin tanyakan, untuk saya yang masih pemula, tempat yang paling mendukung jualan kue kering itu sperti apa? terus caranya menghitung cost untung dari modal bagaimana caranya? terima kasih, salam saya

  • Dini Susanti says:

    Halo bayu, saya juga pernah bikin kue-kue kering dan dijual kerekan2 dekat. Dulu karna masih pemula juga, saya hanya tawarkan ke teman2 dekat, bayu juga bisa demikian, outlet pertama dirumah saja dulu, lalu tawarkan contoh kue gratis(free sample) untuk dicoba siapa saja.

    Dan jika kue tersebut memang enak banyak yang suka, laku, cobalah tawarkan ke minimarket seperti alfamart, atau lainnya, sistemnya jual titip (bahasa ekonominya apa yah?), artinya jika laku maka keuntungan dibagi dengan tempat penitipan jual tersebut, jumlahnya kesepakatan bersama.

    COst untung dari modal secara sederhana begini cara hitungnya:
    harga jual – modal = keuntungan

    misalnya punya modal Rp120.000 bisa menghasilkan kue kering 4 box, maka untuk mendapatkan keuntungan lebih jangan jual kurang atau sama dengan Rp30.000/box nanti bisa rugi atau impas. Namun naikkan harga jual misalnya jadi Rp. 50.000/box, maka keuntungannya adalah ====>
    Rp.50.000 – Rp. 30.000 = Rp20.000/box

  • try says:

    Semoga mbak sekeluarga dimudahkan,diberkahi oleh Allah SWT,karena rela ‘memberi’
    kepada sesama.
    Saya ingin sekali membuka franchise minimarket seperti Indomaret,Alfamart,kira2 franchise apa yg dapat menguntungkan kedua belah pihak,dan mohon info untuk lahan 6×6 m dibutuhkan modal berapa termasuk fee,dll?
    Terima kasih atas jawabnya,
    wasalam
    try

  • Dini Susanti says:

    terimakasih atas doanya,
    sebelum memilih jenis franchise, baiknya bapak konsulatasi atau bicara langsung dng pemilik hak dagang/franchisenya. tanya semua hal yang jadi pertanyaan dan kemungkinan problem2 didepan misalnya jika saya mengalami kerugian ditengah jalan bagaimana? dll.
    untuk lahan 6x6m banyak yang jadi pilihan misalnya, outlet burger, creepes, es krim campina, bakso, banyak pak, saya sarankan bapak membeli buku directory franchise untuk info yang lebih lengkap termasuk alamat dan no. telp masing2,
    modal juga berbeda2 tergantung jenis franchisenya, bahkan untuk es krim campina hanya butuh modal 2.5 juta tahun lalu entah tahun ini, dan fee lainnya adalah sewa tempat dan bayar pegawai.
    peralatan, bahan, dan lain2 sampai design toko tergantung pembicaraan dengan perusahaan franchise yang akan bapak pilih, karena berbeda2, masing2 punya aturan sendiri2 mengenai hal tersebut bahkan sistem bagi hasilnya pun beda2.
    selamat mencoba ya pak.

  • Fayantori says:

    Terima kasih atas infonya, akan saya coba untuk menerapkanya

  • Aan says:

    saya pengin buka usaha buat ibu saya dirumah,tapi saya masih binggung mau buka usaha apa yang cocok buat ibu saya…disamping modal pas-pasan.

    barangkali mbak dini punya ide n saran.

  • Ali Nahwi says:

    Wah makasih artikelnya boss….sangat berguna sekali..semangat terus ya..

  • Roffi says:

    artikel yang sangat bermanfaat.. thank you!

  • @Aan, banyak sekali usaha yg bisa dilakukan ibu anda, misalnya jual masakan2 matang, buat kantin rujak/gado2, beli alat jahit dan terima pesanan jahitan, jual kue2 kering, buka warung jajanan kecil, terima order laundry (mencuci dan setrika buat tetangga), dll, maaf bila kurang berkenan mungkin anda sudah menemukan ide lain yg lebih menarik

  • Ma2 Ocha says:

    Salam kenal mba Dini. blognya inspiratif sekali, thank you…

  • nay says:

    berbagi pengalaman yang sangat menyenangkan,dulu sy mencoba bisnis karaoke kecil”an sm tmn sy kebetulan ada org asing yang mo invest modal,tepatnya di pantai Pangandaran, bisnis kami lumayan lancar tapi setelah tsunami,semuanya berantakan tmpt y kami sewa mengalami kerusakan walaupun tdk parah,tapi berdampak buruk,rekan kami y invest modal peralatan karaoke enggan membangun bisnis itu kmbali dan beralih ke kota lain,usaha itu pun terhenti sampai skrng, dan sy skrng bekerja di perusahaan telekomunikasi BUMN, tapi penghasilan sy sangat jauh berbeda ketika sy bisnis karaoke,krn saat ini sy hanyalah pegawai kontrak. sy ingin kembali membangun bisnis itu tapi saat ini sy kesulitan modal, bagi y berminat bisa menghub. sy melalui email naysurya@gmail.com. sy melihat saat ini bisnis karaouke di Pangandaran prospeknya sangat” bagus krn di tmpt kami minim skali tmpat hiburan, thanks…

  • syahking says:

    It’s good ideas. thanks for giving us those ideas

  • 1000jalan says:

    Menentukan bidang usaha apa yang akan kita jalankan memang tidaklah mudah semua harus dipertimbangkan dengan matang, 2 pilihan yang terkadang membuat kita ragu adalah bidang usaha yang muncul dari hobby/kegemaran dan bidang usaha yang muncul karena bakat. Tapi kalau boleh saya memberi masukan, putuskanlah sebuah usaha yang muncul dari bakat kita sendiri, artinya bidang usaha yang kita tentukan janganlah dari hobby/kegemaran karena,
    1.Hobby adalah sebuah aktifitas yang hanya memuaskan diri kita sendiri dan sekelompok orang saja,
    2.Tidak adanya satu kontrol manajemen yang bagus, artinya karena yang muncul dari hobby/kegemaran dikhawatirkan produk yang kita jual akan kita gunakan sendiri,
    3.Hobby/kegemaran kadang selalu berubah, sebagai contoh sekarang gemar A belum tentu tahun depan tetap A, padahal dalam berwirausaha kita semestinya konsentrasi di satu bidang saja,

    Sedangkan bakat merupakan kekuatan atau kemampuan yang muncul secara alami dari diri kita sendiri, ini akan menjadi sumber utama atau modal dasar yang mestinya kita kembangkan dan kita jalankan, sebagai contoh kita punya bakat memasak, menjahit, melukis, service elektronik atau service mobil/sepeda motor dsb. Memang agak sulit membedakan mana hobby dan mana bakat, hanya diri kita sendirilah yang mengetahuinya.
    Terimakasih semoga bermanfaat, mohon maaf kalau tidak sependapat.

  • abdillah says:

    Bisnis online juga lumayan murah, yang penting terpercaya ajah..nice posting mbak dini..keep blogging..thanks ya artikelnya..

  • budi says:

    thanks, blognya menginspirasi saya tuk membuat kesibukan bagi istri dirumah.
    thanks ya mbak dini, smoga makin sukses.

  • yunie says:

    gw bigung bgttttttttttttttt,png usaha tp modalnya ga tau dr mana?please ksh tau dong

  • Eddy says:

    Salam kenal Mbak Dini,
    Ide-ide yang ditampilkan di atas cukup bagus, tergantung kepada masing-masing kita benar-benar serius untuk berhasil dalam usaha tersebut atau tidak.

    Menurut saya kalo bisnis online memang cukup menjanjikan apalagi kalo sudah punya langganan tetap secara online. Untuk itu, kalo boleh Mbak Dini sharing kiat-kiat memperoleh langganan untuk bisnis online ini.?

    Terima kasih

  • aried says:

    salam kenal..
    mbak saya sedang menjalani macam2 usaha, diantaranya percetakan, produksi minuman ringan (join dgn temen), dan warnet. dari kesemuanya itu saya belum mendapatkan yg cocok dengan hati saya. (argumentasinya macam)
    apakah saya hrs stop dan mencoba usaha baru? atau pilih salah satu?
    barangkali mbak punya saran.
    terimakasih.

  • alfian says:

    Ass. mba mau tanya gimana caranya agar usaha kita bisa berjalan dengan lanjar dan langgeng.. ??

  • Dini Susanti says:

    hai semua, terimakasih udah mampir kesini,
    terimakasih juga yang sumbang saran untuk ide2 bisnis lain.
    untuk aried dan alfian saya mau kasih saran dari pengalaman saya ya, memilih usaha untuk bisa mantep dihati sulit2 gampang, tapi satu hal yang bagus dilakukan itu adalah coba berbagai jenis usaha, sisihkan waktu luang dan modal untuk coba lahan usaha baru, ibarat mencari jodoh yang mantep akan datang suatu waktu. yang pasti jika dalam mencoba berbagai jenis usaha itu sudah bisa menghasilkan laba yang agak lumayan itu adalah tanda untuk diseriusi, coba mantapkan di satu usaha itu agar penghasilannya bisa lebih gede. usaha yang cocok dihati bisa dicari nanti suatu waktu lagi, namun usaha yang menguntungkan bisa dicari dari trial dan error yang kadang gak datang dua kali.
    untuk alfian, komentar saya, maju terus pantang mundur pak, trial errornya dicoba aja terus, dan banyak belajar dari sana sini sumber yang ada. dan pinter2 membelanjakan waktu dan uang yang ada agar gak bangkrut. dan kelancaran usaha itu dari kita sendiri, kalo kita ngoyo usaha gak akan jalan2.
    koreksi jika saya salah, ok3.

  • alfian says:

    oke mba makasih,,,
    kira-kira menurut mba usaha yang cocok untuk saya seorang mahasiswa apa yaa mba??

    saya udah coba usaha jual pulsa keliling,kaos tapi tapi tetep bangkrut mulu..he

    kasih saran iaa mba??

  • widodo says:

    Mba Lam knal iaa?

  • Dini Susanti says:

    hai alfian, dulu semasa kuliah saya pasang iklan di radar bogor, buka les privat untuk SD dan SMP semua mata pelajaran, dan dari keberanian saya pasang iklan bisa dapet order mengajar dua orang murid :D , lumayan loh 3x seminggu setelah kuliah. Apa aja bisa dilakukan mahasiswa loh, apalagi ada bekal keterampilan sedikit banyak dimanfaatkan aja, misalnya bisa ngegitar coba bikin kursus gitar atau bisa komputer dll. ga pake modal kan? saat itu pasang iklan di koran juga gak mahal. iklankan juga di internet usaha2 yg mau dicoba. goodluck.
    hai widodo, salam juga.

  • ade says:

    Thx infonya..

    Sangat bermanfaat..

  • Alfian says:

    Iaa Mba maksih iaa nti saya coba..

  • Alfian says:

    iaa mba makasih,, nti saya coba

  • Dedit says:

    Makasih idenya, bisa buat pencerahan, kami tunggu ide berikutnya. Sukses

  • Alfian says:

    Mba dini mau tanya lagi sebenernya kunci paling utama sukses dalam usaha itu apa iaa mba? soalnya setiap saya usaha mau modalnya besar atau sedikit pasti ga akan lama usahanya.

  • Dini Susanti says:

    dear alfian,
    menurut saya kunci utama sukses dalam usaha adalah ‘ niat mau belajar ‘
    kalo gagal usahanya, tetep mau belajar agar bisa sukses
    dan kalo sukses usahanya, tetep mau belajar agar bisa lebih sukses dan bermanfaat buat oranglain.

  • sebenarnya kalau kita memang memiliki tekad untuk berbisnis, begitu banyak ide-ide yang bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk memulai usaha.

  • juragan says:

    wah ide yang bagus sekali dan memberikan inspirasi…thanks ya

  • riyandha says:

    mbak kira” bisnis apa yah yg cocok dg saya..
    kebetulan saya ank kuliah yg lmyan sbuk…
    and alhamdulillah saya dpet uang 10jta dri kampus…
    kira” kalau uang sgitu buat buka bisnis apa yah…
    yg baru and beda dari yg laen….
    kn susah mbak…

  • Dini Susanti says:

    @riyandha, jika anda suka dengan bisnis franchise, banyak juga yang menawarkan modal dibawah 10jt, bisnis makanan minuman sedang trend..

  • Agung says:

    Assalamualaikum..Mbak Din slam kenal
    Mbak sekrang saya masih di perantauan(jepang),tidak tahu perkembangan yang terjadi di kampung halaman.Pengen buka usaha sendiri mbak.Tapi gak tahu harus di mulai dari mana.Di samping itu gak ada pengalaman bisnis sama sekali.Mungkin mbak ada saran buat saya.

    Terima kasih atas sarannya mbak
    wassalamualaikum

  • @line says:

    Salam kenal mbak dini,blog yg sangat inspiratif…..

    perkenalkan saya alin,umur 31 th,ibu 2 anak (perempuan,5&4th)& kary swasta. saya keluar rumah (kerja) dari jam 07.00 – 19.00,melihat perkembangan pesat putri-putri saya, saya berkeinginan istirahat jadi kary swasta (8th) untuk mengelola bisnis sendiri sambil mengawasi anak-anak.
    saat ini peluang usaha yang ada dan sesuai dengan keinginan saya adalah buka “home day care” (tempat penitipan anak).
    *pertimbangan :
    ~ mengingat lingkungan perumahan tempat tinggal kami adalah para pasangan muda bekerja yang kebanyakan menitipkan anak mereka ke pembantu dirumah.
    ~ kami pernah menjadi user day care selama 2 th lebih (paling tidak tahu minusnya)
    ~lingkungan perumahan sangat tenang dan nyaman jauh dari kebisingan cocok buat anak-anak.
    ~ mengelola usaha sambil tetap bisa mengawasi anak-anak

    * hambatan :
    ~ suami tidak setuju karena menurut info-info Day care butuh dana yang SANGAT BESAR,sedangkan saat ini saya hanya punya modal cash 20jt. kalaupun menggunakan rumah sendiri,rumah pribadi kami hanya seluas 60m2 (2 kamar) tanah 112.5m2
    ~kalau kontrak rumah harga +/- 8jt/th (pendapatan habis untuk uang kontrak rumah)
    ~ mohon saran dan infonya, bagaimana cara mewujudkan usaha ini.terima kasih

    • Dini Susanti says:

      hai mba line, maaf baru balas komen tahun 2010 yang lalu,
      namun ingin sekali saya kasi ide menarik, bahwa usha day care and learning centre atau usaha penitipan anak dan pusat belajar bermain untuk anak amat sangat menarik. jika mba memulai dengan modal yang sangat besar, bisa diawali dng branding yang bagus dan buka usaha secara professional disertai peluang usaha franchise untuk pengembangan usaha.
      saat ini saya lihat di mall2 besar blm ada usaha penitipan anak atau learning centre, umumnya hanya tempat bermain saja. padahal banyak ibu2 atau orangtua yang ingin menitipkan anak2nya utk 1-2 jam untuk sekedar ke salon atau dinner bersama suami berdua saja :) , peluang menarik nih mba.
      modal 20 juta mungkin bs mewujudkan impian tersebut, jika sudah kuat hati segera laksanakan semoga ada jalan

  • takdir says:

    aku pernah punya niat buka usaha rental komik dan rmh baca,tp susah dpt buku2x…. ada solusi bwt aku mba’…??? mkasi

  • dyah says:

    mbak gimana sic carax bisnis catering dg modal kecil.ato buka warung dipinggiran tapi yg bisa menarik org banyak terimakasih

    • Dini Susanti says:

      dear mbak, saya juga pernah bisnis catering kecil2an, yg terpenting dalam bisnis ini adalah adanya orang yg mau ‘order’ ke catering kita, jadi bila belum ada permintaan order salah satu caranya adalah promosi, promosi bisa dilakukan di surat kabar lokal, dalam percakapan diarisan, atau menyebar kertas2 iklan ke berbagai lokasi. kalau modal kecil, sebaiknya catering model kecil2an dulu, misalnya menerima catering nasi kuning untuk ulang tahun, nasi kuning untuk selametan, dll. jika modal sudah cukup besar, dan ingin konsentrasi di bisnis ini, mulai investasi alat2 masak lain dan promosi lebih gencar untuk menggaet lebih banyak order. insyaallah.
      dan untuk buka warung pinggir jalan, menurut saya bisa dilakukan di lokasi yang ramai orang, sehingga tepat sasaran, dan barang2 yang dijual tidak terlalu mahal juga dibutuhkan orang banyak.

  • Abu Ahmar says:

    wah bahasan yang inspiratif mbak…
    walau tulisannya udah 2tahun lalu, tp masih jadi
    diskusi yang asyik..

    soal apakah mulai usaha dari hoby atau tidak memang sebuah opsi yang kayaknya ndak bisa saklek untuk setiap orang. karena selain segmen usaha, tentu juga perlu diperhatikan soal waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha tsb. lha kalau waktu yang tersedia saja terbatas, tentu akan banyak menghambat untuk jalannya bisnis. beda kalau dimulai dari something yang sudah deket dengan kita, like hoby. jadi waktu yang ada, tingkat optimasi aja. hehe that just my opinion lho.

    anyway, aku mau coba buat usaha rental buku islami mbak :)
    mohon do’anya ya… moga bisa berkembang hingga bisa bikin offline taman bacanya.

  • novi says:

    hhmm..
    aku juga lagi bingung mw bikin usaha apa..
    mw bkin usaha internet cafe,, tp ternyata untung nya dikit..
    mw bkin toko coklat,, tp ga tau kreasi2in coklat..
    huaaahhh…
    bingung..

  • zahra says:

    Assalamualaikum…
    Salam kenal ya Mba Dini, saya memiliki keinginan untuk usaha konveksi..tapi masih belum ngerti ttg konveksi dan bagaimana cara mencari ordernya..mohon saran..
    Terima kasih

    • Dini Susanti says:

      waalaikum salam, salam kenal mba zahra, di google banyak informasi ttg usaha konveksi mba, dan jika informasinya sudah cukup digali dng baik tinggal dikembangkan idenya. umumnya usaha jual beli pakaian bisa dng berbagai cara, ada bisnis dng cara membeli wholesale trus dijual retail, ada yg menjadi reseller, ada juga yg menjual pakaian hasil jahitan/produksi sendiri, tergantung niat, ketertarikan dan kekuatan modalnya mba, jika modalnya bagus (bisa modal sendiri atau modal pinjaman atau modal barengan) bisa bikin butik sendiri. ikuti gimana kuatnya hati, insyaallah ada jalan. saya sendiri tertarik sekali dng usaha tailor, menjahit pakaian pesanan pelanggan, selain menerima pesanan sesuai kreasi mereka juga bs mendesain baju kreasi sendiri yang kemudian dijual retail di butik sendiri, menarik bukan? :D insyaallah pengen banget

  • sari says:

    trimakasih mba Dini, sangat bermanfaat smoga menjadi amal ibadah untuk mba

  • Sri Astuti says:

    Assalamu’alaikum..Salam kenal mbk Dini, sy suka blognya yg inspiratif :) Sy jg salut dg generasi muda sekarang,yg sdh berpikir panjang utk memiliki usaha sendiri..(dulu sy tdk seperti itu). Bagi yg ingin punya penghasilan tambahan,tapi tidak pny modal banyak,tidak ada salahnya mengikuti jejak saya (untuk info lebih lanjut,silahkan mampir ke http://www.mommybeautybiz.com). Bisnis ini memiliki jam kerja yg fleksibel (sy bisa melakukannya di sela2 kesibukan sy sbg dokter gigi & ibu RT :p).. Semoga berkenan yaa.. Terima kasih :)

  • [...] Comments Sri Astuti on Ide Bisnis untuk AndaRahmad Widodo on Jungle Park Bogor Nirwana Residencesari on Ide Bisnis untuk AndaDini Susanti on Ide [...]

  • nurul says:

    mbak saya seorang mahasiswa yang ingin sekali menajalani suatu bisnis yang menjanjikan dalam arti bisa memenuhi kebutuhan ssehari-hari. tapi perkuliahan saya sangat sibuk, berhubung saya mengambil jurusan teknik elektro.

    kira-kira usaha yang cocok untuk saya apa ya mbak???!
    mohon bantuannya ^_^’……………..

    terimakasih sebelumnya

  • biru says:

    mkasih infonya sy butuh ini saat ini

  • pulsa says:

    ide ide nya boleh juga tapi ku lebih suka jalanin bisnis pulsa

  • bangzai says:

    tambah semangat ingin buka usaha sampingan, trims atas saran dan ilmunya

  • Restu Rahardjani says:

    Dear Bapak/Ibu….

    saya seorang karyawan swasta, saya ingin mencoba merintis untuk memiliki usaha sendiri untuk menghadapi masa pensiun sekitar 5 th lagi, mulai sekarang saya sudah harus memikirkan alternatif untuk mendapatkan penghasilan setelah pensiun nanti, akan tetapi saya bingung akan mencoba usaha apa, karena saya tidak mempunyai pengalaman berbisnis sama sekali

    pernah terlintas ingin memiliki usaha mini market, tetapi untuk bisnis seperti ini tentunya memerlukan modal yang cukup besar +/- Rp 500 jutaan, apakah Bapak/Ibu bisa membantu saya, jika saya ingin memiliki usaha dengan modal awal sekitar Rp 100 juta an

    Terima kasih atas waktunya

  • agus says:

    to:dini susanti
    Saya yakin bukan cuma saya, tamu-tamu yang lainya pun ingin tau bisnis apa yang dini susanti jalani dan sudah seperti apa. Tentunya kita tidak ingin mengikuti langkah-langkah gagal.
    Maaf jika saya kurang sopan.

  • Dini Susanti says:

    Untuk semua terimakasih sudah silaturahmi kesini.

    Hai pak agus, informasi yg disajikan disini bukan dari pakar bisnis maupun pengusaha sukses. Bukan kapasitas saya pak :) . Pada tahun 2008 Ide ide tsb terinspirasi dari percakapan saya dengan seorang kawan yg orangtuanya adalah seorang pengusaha bahan bangunan sukses di bogor. saya sendiri senang sekali bikin bisnis baru yang halal, kecil2an untuk isi uang saku, seperti mengajar privat, berdagang siomay, catering seminar di kampus, jual kue kering, jualan online, bisnis pulsa, mengarang cerpen wah banyak lagi pak. Namun semua masih tahap suka2 saja. mencoba ini dan itu menurut saya tidak akan rugi, pengalaman sendiri maupun cerita dari oranglain bisa bikin semangat dan memperluas pikiran. Silahkan ambil positifnya saja dr tulisan ini dan maafkan jika ada kesalahan.

  • Ling says:

    Dear Mb Dini

    Makasih buat infonya mb..
    Mau tanya2 nih, minta pendapat dari mb Dini
    Saya kan peg swasta, sy pengen punya side job yg tdk mengganggu kerjaan utama, saya kerja dr jam 8pagi -6 mlm dan punya waktu luang cuman sabtu minggu.
    Nah kira2 mnrt Mb Dini, side job apa yg cocok buat saya yah?
    Selama ini sih saya sudah jualan pulsa, tp untungnya tipis banget, pengen coba usaha yg lain.

    Saya bisa bikin siomay, tp sy masih bingung atur waktu utk jualannya
    tolong tips nya donk mb
    Trims

  • Dini Susanti says:

    Salam mb ling, anda jam kerjanya 10 jam perhari. Dan masih ada keinginan punya side job. Waw salut. Side job di sabtu minggu yg pernah saya lakoni, berjualan bubur sumsum pagi hari di sempur bogor dilakukan bareng kawan2. Ada banyak juga penjual dadakan yg buka lapak disana. Buka lapaknya di mobil atau motor ada juga yg buka tenda atau sekedar gelar tiker dan meja. Selain fun untungnya juga lumayan, besar kecilnya laba tergantung produk yg dijual. Give a try mbak, Bisa dilakukan misal di gelanggang olahraga, tempat jogging, alun-alun dll. Sisihkan satu hari utk hunting barang dagangan ke pusat2 grosir. Jual kembali dengan harga yang patut. Dan usahakan utk jual produk yg tepat sasaran dan barangnya diperlukan atau disuka orang.

  • syaiful aziz says:

    sebenarnya saya pengen buat usaha,tapi bingung mau bikin usaha pa,,sedangkan aku sekarang juga sambil kuliah,,,,,,,,,,,,,aku pengen menghasilkan uang dari keringatku sendiri tanpa minta bantuan org tuaku,dan bisa membuat bangga mereka.

    • Dini Susanti says:

      Salam mas syaiful, mungkin bisa dicoba mengembangkan wawasan dng mengikuti beberapa mailing list atau komunitas seperti di Komunitas Bisnis Tangan Diatas (TDA) – tangandiatas.com dan Komunitas Pengusaha Muslim (PM) – pengusahamuslim.com. Semoga memberikan banyak pencerahan insyaallah.

  • Naya says:

    Mba saya punya usaha warung smbko kecil2an dan saya seorang pns jadi saya punya anak buah untuk nunggu warung saya,awal2 sich lumayan untungnya tp skrg2 saya jarang kontrol karna sibuk dikantor. dan sampai skrg saya belum menemukan agen smbko yang murah dan bisa antar belanjaan ke warung saya,saya tinggal di bekasi,barang kali mba punya kenalan agen smbko dibks, trims

  • asri says:

    hai mba dini,saya mu shar nih…
    saya pengen buka usaha coklat dirumah dan kue,saya harus mulai darimana ya?dan dimana saya harus membeli alat2,seperti di tv tv misalnya mixer canggih atau pemanggang yang besar

  • aLdo says:

    Assalamualaikum mba Dini..
    SLm knaL,, Lansung aja ya..
    Sy mo buka usaha nih tp bLum tau usaha apa…
    Skrg sy bkerja dibidang perhoteLan & sy pintar brmain gitar.. Kira2 usaha apa yg bagus ya?
    Mohon masukannya…

    • Dini Susanti says:

      wah mas aldo, bisa menyerap ilmu di bidang kerja yg sekarang digeluti pasti banyak manfaatnya, siapa tau bisa bikin hotel sendiri? aamiin :) kira2 usaha yang bagus untuk anda apa mas? biasanya setiap orang memiliki jawabannya yang tepat jauh dlm hati. jika sudah mantap untuk ingin usaha sampingan atau sekedar hobi, ada saja jalan akan terbuka kesana. Namun yang terpenting banyak mengamati sekitar, banyak baca dan berani melangkah. Mungkin bisa buka kursus gitar? bagi selebaran brosur ke siswa smu terdekat ketika bubaran sekolah atau mungkin kalau suara mas bagus, tawarkan ke cafe terdekat mungkin memerlukan freelance musisi yang isi event di weekend, bergitar sambil bernyanyi sendiri atau solo. mantap, jangan lupa upload ke youtube :)

  • M_Haqiqi jmq says:

    Assalamualaikum mba Dini..
    mksih atas ide2 nya mba, salam kenal. klo ada ide baru saya tunggu mba,. saya mahasiswa industri perkulitan juga tgl dpesanten,. saya dlu pernah jual pulsa tpi bnyak yg ngutang jdi bangkrut. saya pengen meniti usaha dri skrg mba. kira2 usaha apa yg prospek kedepannya bagus?? saya punya wktu luang sabtu & minggu dan modal 200rbu perbulan. minta pendapatnya mbk .. thank’s before

    • Dini Susanti says:

      salam, saya baru mengetahui ada jurusan industri perkulitan, bisa menjadi banyak produk yang komersial. Ada ide menjual produk mas? Bicara mengenai produk kulit, sepatu anak terbuat dari kulit itu mahal loh, ukuran kecil begitu bisa seharga sepatu orang dewasa.. harga bisa berkisar 200ribuan.

  • M_Haqiqi jmq says:

    iya mbak di akademi teknologi kulit yogyakarta, klo ide sih ada tpi saya bru smster 2 skrg jdi masih cari2 link jga pngin bikin produk sendiri tpi msih ragu mbk. pngen bisnis sambilan tpi blum ada gambaran mbk.. mnta saran nya mbk. syukron

    • Dini Susanti says:

      mas, dicoba deh dengan ikut berbagai mailing list usaha/bisnis, seperti mailing list yahoogroups oleh pengusaha muslim insyaallah banyak manfaatnya, diantaranya banyak seminar, pelatihan, link bisnis juga ide2 bisnis yang segar dari pengusaha sukses disana

  • mardas says:

    assalamualaikum.. sAlam kenal mb dini,, like this mb,, kebetulan di rumah saya tu dket dgn smp gt mb, mau coba buka tmpt es cream gt… ada masukan gt mb din buat saya ??

  • Ita kartika says:

    Dear Dini…
    tulisan yg nyenengin..
    membangunkan semangat bisnisku yg ‘bobo pulas’ :)

  • Bill Peterson says:

    Yth Bapak / Ibu, Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda di setiap kekacauan keuangan atau Anda membutuhkan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar tagihan Anda atau memulai bisnis yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal / lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan dana pinjaman atau untuk alasan apapun seperti, Apakah Anda dalam mencari pinjaman legit? Lelah Mencari Pinjaman dan Mortgages? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank Anda? Apakah Anda juga telah scammed sekali? Kemudian trauma keuangan Anda selesai Kami Tawarkan PINJAMAN dari $ 3,000.00 Min. 200.000.000,00 untuk Max.at tingkat bunga 3%. Kami adalah bersertifikat dan dapat dipercaya. kami dapat membantu Anda dengan bantuan keuangan. jika tertarik hubungi kami melalui
    email: billfinancial.firm1@live.com

    Jika ini layaknya harapan Anda, maka kita dapat melangkah lebih jauh, saya akan seperti Anda untuk memberitahu JUMLAH EXACT Anda meminta untuk sebagai pinjaman dan urgensi dari transaksi ini untuk proses lebih lanjut Anda untuk mengisi dan menyerahkan informasi yang diperlukan di bawah ini:
    **************************************
    Nama Lengkap:
    negara:
    NEGARA:
    Seks Anda:
    UMUR:
    Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan:
    Pinjaman Duration:
    Pendapatan Bulanan:
    Pekerjaan Anda:
    Handphone nomor:
    Tujuan Kredit:
    SUDAHKAH ANDA YANG SEBELUM?

    Berharap untuk mendengar dari Anda segera.
    Terima kasih Dan Tuhan memberkatimu!
    Bill Peterson

  • sulistyarto says:

    Siang Ibu ,,,

    saya sepertinya berminat untuk coba buat baso gelas ..tetapi bentunya tdak bulat seperti bakso biasanya tapi bentuknya seperti stick atau seperti mie…tetapi bakso…

    yang saya mau tanya itu kan harus tertarik di mata pembeli bagaimana cara memodifikasi gerobak supaya berminta orang tersebut, dan saya kebetulan hobi masak, saya pansti buat bakso stik atau bakso mie tak akan memakau msg atau sejenisnya saya akan buat dengan bahan yang sehat dan aman , untuk itu sikonsumen minta jaminan apa benar bakso yang saya mau buat itu sehat atau terjamin dari bahan pengawet gimana caranya saya membuktikanya…..terima kasih

    salam,
    sulistyarto

  • WONG says:

    Menurut saya harus punya enterprenur sblm melakukan usaha.
    Hal ini bukan hanya mencakup bidang usaha yang akan di geluti (spt yg di ulas TS)
    Namun juga
    -pemilihan lokasi,
    -skill calon usahawan,
    -ketahanan modal,
    -profit target dan
    -pemilihan bidang usaha itu sdri

    PEMILIHAN LOKASI
    Hal ini sgt penting,namun juga tidak serta merta hal yg mudah.
    Hal yg paling bagus adalah mencoba,sebab tak semua lokasi yg banyak orang selalu bagus buat jualan (usaha)

    Contoh : kemana anda akan pergi nyalon? Atau kemana anda akan beli bunga?
    Tentu akan ke salon lamgganan anda bukan?
    Atau anda akan pergi ke pasar bunga yg menjual bunga,krn di sana pilihan akan lebih variatif dan harga lebih bersaing,krn byk pedagang sejenis.

    NOTE : Jgn pernah menganggap jika anda usaha di suatu tempat yg disitu blm ada yg berjualan/buka jasa seperti anda adalah jaminan bahwa usaha anda akan berjalan.

    Justru terkadang anda hrs berpikir kenapa di situ ga ada org yg buka usaha spt yg anda pikirkan ,krn itu tempat tidak cocok.

    KETAHANAN MODAL
    Atur sirkulasi keuangan.
    Jika anda hanya punya uang 2juta dan anda ingin buka counter hp,sebaiknya anda konsisten sebatas isi ulang dan voucher fisik.
    Anda jgn merambah ke jual beli hp second,kecuali anda sudah punya relasi yg akan lsg membeli hp2 anda.
    Jika anda juga jual beli dan dagangan hp anda blm laku2,ini tentu akan menganggu perputaran uang anda.

    Hal ini hanya sbg contoh dan sgt mungkin terjadi pd usaha2 lain yg akan anda geluti.

    PROFIT TARGET
    ada film jadul no risk,no gain itu mmg bnr adanya.
    Jika anda ingin modal kecil tp keuntungan lumayan berjualanlah makanan,makanan ini setiap org membutuhkan dr abang becak smp mahasiswa,dan selama hidup org akan sll butuh makan.
    Risiko dr berjualan makanan ini tentunya akan mudah basi jika ga laku.
    Jual minuman,jika itu berupa bahan yg di olah sdri mslnya es juice/teh,tentu akan menghasilkan profit yg lebih bsr drpd minuman jadi spt c*ca c*ola.

    Namun kelemahannya adalah ribet,ga sepraktis jualan minuman jadi.
    Solusinya adalah kombinasi.

    Jika anda ingin berjualan yg ga akan basi(ga beresiko) namun profit kecil,anda dpt berjualan pulsa :P

    SKILL
    Anda mau buka salon? Bengkel?
    Oke ga masalah,tpi tentunya anda harus menguasai basic usaha,setidaknya anda ga harus tutup jika karyawan anda tiba2 libur,atau bahkan keluar :P

    PEMILIHAN BIDANG USAHA
    Setelah memperhatikan poin2 di atas anda bisa memulai atau mencoba usaha apa yg kira cocok dgn anda

  • Kang Pardi says:

    dear mbak dini…
    saya memiliki usaha reparasi printer yang sudah saya tekuni selama hampir lima tahun.. sayangnya perkembangan tetap begitu begitu saja dan saat ini selama hampir 6 bulan terakhir ini saya di hadapkan dengan permasalahan kejenuhan yang sangat luar biasa.. ketika saya melihat perangkat printer kepala terasa berat dan tentunya sangat tidak nyaman sekali… (intinya saya sangat bosan) apa yang harus saya lakukan tetap dengan usaha ini atau mencoba usaha lain.. mohon pencerahannya.. dan sebelumnya saya sampaikan terima kasih.. semoga mbak dini sehat selalu…

  • sugma kofelo says:

    mbk dini sya mw tnya,gmana sih cranya mewujutkan suatu ide buat berusaha kecil2an,sya pnya bnyk bnget ide2,Namun Modal Gk mendukung,,??
    saat ini sya juwalan mainan anak2,hasil untungnya mepet,belum lagi kalau ada barang yg rusak.
    enaknya sya pinjem d’bank dulu atau gimana mbak mohon solusinya,,??
    thnks mbk,SALKOMSEL bwt semuanya.

  • Hey there just wanted to give you a quick heads up.
    The text in your article seem to be running off the screen in Chrome.
    I’m not sure if this is a format issue or something to do with internet browser compatibility but I thought I’d post to let you know.
    The style and design look great though! Hope you get the issue
    solved soon. Many thanks weight loss diets
    for women

  • yun hasna says:

    keren bangt……^_^…..

  • Adakah anda memerlukan pinjaman segera untuk membayar bil-bil anda atau memulakan perniagaan baru, kemudian mencari lagi, nama saya Encik Andres William Kami disahkan syarikat pinjaman yang menawarkan apa-apa bantuan kewangan kepada mereka yang memerlukannya, dan itulah mel kami tidak Sila teragak-agak untuk menghantar mesej menggunakan: {andresloanfirm07@yahoo.ca}

    maklumat peminjam};
    Nama Penuh:
    Seks: ….
    Status Perkahwinan:
    Hubungi Alamat:
    Bandar / Zip:
    negara:
    Tarikh Lahir:
    Diperlukan sebagai pinjaman:
    Term:
    pendapatan:
    pekerjaan:
    Tujuan pinjaman:
    telefon:
    Fax:
    telah anda memohon untuk pinjaman dalam talian sebelum ini?

    Sehubungan terbaik Mr Andres William,

  • ブランドの力もかりながら、自分磨きもすれば、さらに素敵になれます。

  • Mrswema says:

    Hello,
    Are you desperately in need of XMAS loan? Have you been denied of a loan from your bank or any institution? Do you need financial assistance? Do you need a loan to pay off your bills or buy a home? Do you want to have a business of your own and you need a Loan for your financial demands? Contact us today for your loan. We are ready and able to help you out on either Business or Personal Loan. Offer is available at an affordable interest rate of 2%. Interested applicant should contact us via email mrswemaloans@rocketmail.com .
    LOAN APPLICATION FORM
    First Name: Other Name(s) : Gender: Marital status: Contact Address: City/Zip code: Country: Religion: Amount Needed as Loan: Loan Duration:Monthly Income/Yearly Income: Occupation: Purpose for Loan: House Phone: Cell Phone: Have you applied for a loan before? How did you hear about us?
    Contact us via email:mrswemaloans@rocketmail.com .

  • SEND YOUR EMAILS TO US AT: mrswemaloans@rocketmail.com FOR YOUR LOANS !! says:

    Dear Valued Customers,
    Do you need a loan or funding for any of the following reasons? XMAS loan, Personal Loan, Business Start-up or Expansion, Education, Debt Consolidation, Hard Money Loans, etc. We offer loans at low interest rate of 3%. However, our method, offers you the chance to state the amount of loan needed and also the duration you can afford. This gives you a real chance to get the funds you need!. Do contact us today via our official Email: mrswemaloans@rocketmail.com providing us with the following info;
    Name:
    Contact Address/country:
    Mobile Telephone Number:
    Occupation:
    Loan Amount:
    Loan Duration:
    Best Regards.
    Swift Valued Finance Team

  • elki says:

    bagai mana ch kalo kita mau jualan crem..dengan cara modal gomong yang bagai mana,,,

Leave a Reply