Puasa? gak CS loh

Puasa? gak CS loh

Itu sekelumit cerita adik yang sekarang duduk di kelas 2 SMA di suatu sma di Bogor. Beliau bikin saya takjub, Adik memang sedikit cuek dan bergaya sangat ABG (abg hare gene), namun pendiriannya kuat akan yang diyakininya benar.

Suatu siang beliau berkumpul dengan kawan-kawan karibnya, sepulang sekolah. Pada waktu sholat jumat para kawan lelaki memilih untuk tidak sholat jumat sedangkan para kawan wanita mulai makan siang

Di bulan Ramadhan makan siang? Nampaknya bagi mereka biasa. Namun adik merasa heran. Dan tak mau ikutan makan. Lalu kawan-kawannya kembali menawarkan adik untuk ikut makan, adik bilang gak mau ah ..kenapa? tanya mereka. Adik cuma jawab gak mau aja.. Lalu adik pamit pulang. Dan mereka bilang Ah .. gak CS loh.. namun tetap lah adik bye bye pulang.

Lalu saya tanya di sela-sela ceritanya Dan kamu gak ikut makan karena? takut.. kata adik. takut sama siapa?  adik cuma diam. Pikirku mungkin dia takut pada mamah dan ayah yang pasti marah jika tau adik buka puasa tanpa alasan, mungkin juga adik takut karena sedang puasa.. Namun adik tak mau jawab, saya tak meneruskan tanya. Hanya bilang pada beliau bahwa beliau bikin saya bangga. Dan meminta beliau untuk selalu bercerita jika ada hal-hal yang perlu diceritakan. Juga meyakinkan beliau bahwa pertemanan yang baik gak akan putus hanya karena berbeda pendapat atau keyakinan, (tanpa sedikitpun menghakimi teman-teman adik yang buka puasa tanpa alasan yang jelas2 salah). Biarlah adik belajar, meyakini yang benar dan mengikuti yang benar setelah adik benar-benar memahaminya bukan karena paksaan kakak, ortu atau temannya..

Yang pasti adik selalu bikin kakaknya ini bangga, dalam segala hal, best sista ever…

*..Do you have teenage sister/brother at home? call her/him, maybe she/he has something to say..

TwitterGoogle+WhatsAppBookmark/Favorites